Cover Image

Peningkatan Motivasi Siswa kelas 12 SMAN 1 Tambelang untuk Melanjutkan Jenjang Pendidikan



Ahmad Jahrudin(1*), Popi Purwanti(2), Sri Mayanty(3), Tantry Agnhitya Sari(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Minat belajar siswa di Tambelang pada umumnya masih kurang, hal itu dikarenakan berbagai faktor, diantaranya faktor ekonomi dan lingkungan. Selain itu dari yang kami amati di Tambelang merupakan salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Bekasi, dimana banyak sekali industri atau pabrik yang merupakan salah satu target atau harapan para siswa dapat bekerja di salah satu kawasan atau pabrik untuk menjadi karyawan di sana, oleh sebab itu kami membuat pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan motivasi untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau membangun minat kuliah kepada siswa-siswa kelas 12 di SMAN 1 Tambelang.  Adapun metode yang kami terapkan adalah ceramah dan diskusi dan untuk mengukur hasil, kami wawancara langsung para peserta, dari hasil wawancara ternyata masih banyak siswa yang masih ragu untuk melanjutkan kuliah dan lebih memilih untuk bekerja dikawasan karena faktor ekonomi, namun jumlah siswa yang ingin melanjutkan bertambah dibandingkan sebelum kegiatan motivasi.


Keywords


Motivasi Siswa; SMAN; melanjutkan kuliah

Full Text:

PDF

References


Meinda, M. S., & Munanjar, A. (2023). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa:(Studi Pada Guru–Guru Di SMP Van Lith). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi, 3(3), 178-192.

Handayani, S., Marlina, M., & Desyandri, D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 125.

Haryuni, N. (2022). Peningkatan motivasi kuliah peternakan santri milenial di pondok pesantren apis dan nabawi kabupaten blitar. Maslahat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Haryuni, N., & Lidyawati, A. (2019). Penyuluhan Perbaikan Manajemen Ayam Petelur Yang Diinseminasi Buatan Di Kabupaten Blitar Jawa Timur Dalam Upaya Mewujudkan Peternak Yang Tangguh. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, 4(1), 43–48. https://doi.org/10.32503/fillia.v4i1.469

Yusuf, A. A., & Hamzah, A. (2016). Pengaruh kepercayaan diri dan semangat kewirausahaan terhadap minat menjadi wirausaha. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 8(2).

Raditya, G. B., & Nurani, N. (2023). Bagaimana Keaktifan Berorganisasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1), 37-55.




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio-sains.v3i1.2877

Article Metrics

Abstract Views : 45 | PDF Views : 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats