Pelatihan Sistem Pengolahan Bank Sampah Berbasis WEB di Bank Sampah Bahagia Bersama Kalisari Jakarta Timur



Efri Gresinta(1*), Aan Risdiana(2), Mashudi Alamsyah(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Bank Sampah merupakan kegiatan yang menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse & Recycle) dalam pengolahan sampah kering atau sampah anorganik. Hasil sampah yang sudah dipilah-pilah lalu ditimbang dan ditukarkan dengan sistem manajemen meniru perbankan. Bank Sampah Bahagia Bersama adalah salah satu bank sampah yang terdapat di Kawasan padat penduduk di daerah Pasar Rebo Jakarta Timur. Permasalahan dari pihak bank sampah Bahagia Bersama adalah sistem penginputan dan pengolahan data masih dilakukan secara manual. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra Bank Sampah Bahagia Bersama mengenai sistem pengolahan data bank sampah berbasis web. Luaran dalam kegiatan PKM ini adalah 1) Peningkatan keberdayaan mitra dalam bentuk peningkatan pengetahuan mitra terhadap penggunaan aplikasi bank sampah berbasis web. 2) Publikasi di Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3) Video pelaksanaan kegiatan melalui channel youtube Haus Ilmu Official. 4) Buku Manual aplikasi bank sampah berbasis web.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Training, Waste Bank, WEB

Full Text:

PDF

References


Shaid, Deddy Lukman. Setiap harinya, DKI Jakarta menghasilkan sampah sebanyak 7,2 ton. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. 2021. [cited 31 Maret 2023]. Available from https://statistik.jakarta.go.id/sampah-di- dki-jakarta-tahun-2021. Saputro, Adi. Problematika Pengelolaan Sampah Daerah Khusus Ibukota Jakarta [Internet]. IJPA - The Indonesian Journal of Public Administration. 2020;6(2):46-58. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/admpublik/iex P3E Suma, KLHK. KLHK Rakornas Bank Sampah, Bicarakan Inovasi Pengembangan Bank Sampah Sistem On-line [Internet]. Kementerian LHK Sulawesi dan Maluku. 2015. [cited 31 Maret 2023]. Available from http://p3esuma.menlhk.go.id/versi3/index.php/news/87-berita/271-klhk- rakornas-bank-sampah-bicarakan-inovasi-pengembangan-bank-sampahsistem- on-line. Pravasanti, Yuwita Ariessa, Suhesti Ningsih. Bank Sampah Untuk Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2020;2(1): https://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1015 Prayoga, Jordi. Ini Kelebihan dan Kekurangan Website yang Harus Anda Ketahui. 2022. Diakses 31 Maret 2023. https://qwords.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-website/




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i2.2534

Article Metrics

Abstract Views : 98 | PDF Views : 99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats