Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Buatan Guru Melalui Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning
Dwi Aprilia Setia Asih(1*), Emilda Emilda(2), Nur Rizkiyah(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan yang ada di sekolah salah satunya yaitu guru terbiasa menggunakan bahan ajar konvensional, guru juga belum memahami bagaimana tahapan penyusunan modul ajar yang sesui dengan karakteristik siswa agar siswa memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yang lebih baik. Berdasarkan permasalah tersebut maka tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pelatihan pengembangan bahan ajar butan guru melaui modul berbasis proplem based learning. Metode yang digunakan adalah memberikan materi dalam membuat bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis problem based learning. Materi yang diberikan saat pelatihan memuat tahapan pembuatan, pengelolaan, dan pemanfaatan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran berbasis problem based learning. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terdapat peningkatan pemahaman terhadap tahapan dalam menyusun modul pembelajaran, guru dapat melakukan eksperimen membuat bahan ajar (modul) dan menjadi lebih tahu tentang bahan ajar yang baik. Serta guru dapat membuat modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. Rianto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Reverensi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana. Sherman, A. 2007. Pre-service Teacher Experience with a Education Module. Journal of Science Teacher Education. Volume 18. No 4 Sugandi, A.I. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan. Suryadi, D. (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i2.2395
Article Metrics
Abstract Views : 123 | PDF Views : 138Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.