Restorasi Fokus Belajar Melalui Pengembangan Teknik Pembelajaran Ice Breaking



Titin Supriyatin(1*), Avini Nurazhimah Arfa(2), Rina Mayanti(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat dilalukan di PKMB Negeri 12 Tengah Jakarta, dengan mitra 12 guru yang mengajar disana.  Kegiatan pengabdian masyarakat  (abdimas) dilakukan melalui workshop yang bertema restorasi fokus belajar dengan metode pembelajaran  ice breaking, sedangkan metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi pra perencanaan, perencanaan dan pelatihan. Hasil kegiatan abdimas ini adalah kegiatan pelatihan dapat tercapainya tujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran ice breaking. Mitra yang menjadi peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, apalagipeserta belum pernah melaksanakan pembelajaran di kelas dengan metode ice breaking. Setelah pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, terutama ketika membuka sesi pelajaran sehingga kegiatan belajar-mengajar akan menjadi lebih menyenangkan.


Keywords


Pengembangan: Teknik; Ice Breaking

Full Text:

PDF

References


Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil BelajarSiswaSekolah Dasar pada PembelajaranTematik. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20-28.

Fanani, A. (2010). Ice Breaking dalam Proses BelajarMengajar: Learning, Routinity, Boring, IceBreaking. Buana Pendidikan: JurnalFakultasKeguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25-28

Hariono, T., Ashoumi, H., Mujahadah, A. S., & Adransyah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 125-129.

Ilham, I., &Supriaman, S. (2021). Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Minat BelajarSiswaDiKelas V Sd Negeri 26 Dompu. EL-Muhbib: JurnalPemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 60-70.

Tias, T. (2021). VariasiPermainanPembelajaran, Metode, dan Ice Breaking. Guepedia.




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i2.2162

Article Metrics

Abstract Views : 122 | PDF Views : 145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats