Restorasi Fokus Belajar Melalui Pengembangan Teknik Pembelajaran Ice Breaking
Titin Supriyatin(1*), Avini Nurazhimah Arfa(2), Rina Mayanti(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat dilalukan di PKMB Negeri 12 Tengah Jakarta, dengan mitra 12 guru yang mengajar disana. Kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) dilakukan melalui workshop yang bertema restorasi fokus belajar dengan metode pembelajaran ice breaking, sedangkan metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi pra perencanaan, perencanaan dan pelatihan. Hasil kegiatan abdimas ini adalah kegiatan pelatihan dapat tercapainya tujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran ice breaking. Mitra yang menjadi peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, apalagipeserta belum pernah melaksanakan pembelajaran di kelas dengan metode ice breaking. Setelah pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, terutama ketika membuka sesi pelajaran sehingga kegiatan belajar-mengajar akan menjadi lebih menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil BelajarSiswaSekolah Dasar pada PembelajaranTematik. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20-28.
Fanani, A. (2010). Ice Breaking dalam Proses BelajarMengajar: Learning, Routinity, Boring, IceBreaking. Buana Pendidikan: JurnalFakultasKeguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25-28
Hariono, T., Ashoumi, H., Mujahadah, A. S., & Adransyah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 125-129.
Ilham, I., &Supriaman, S. (2021). Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Minat BelajarSiswaDiKelas V Sd Negeri 26 Dompu. EL-Muhbib: JurnalPemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 60-70.
Tias, T. (2021). VariasiPermainanPembelajaran, Metode, dan Ice Breaking. Guepedia.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i2.2162
Article Metrics
Abstract Views : 122 | PDF Views : 145Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.