Lesson Study: Membangun Kolaborasi Komunitas Pembelajar di SMAN 1 Kota Depok
Acep Musliman(1*), Usep Kasman(2), Fitri Damayanti(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) SMAN 1 Kota Depok
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Peningkatan profesionalitas pendidik secara berkelanjutan tidak hanya integrasi harmonis antara hard-skills dan soft-skills guru secara individual, namun proses kolaborasi antar guru agar dapat saling memotivasi dalam peningkatan kompetensi. Lesson Study adalah salah satu model yang dapat dilakukan sebagai proses pembinaan guru sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya yang dilakukan dalam menjawab kondisi tersebut adalah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk kolaborasi dengan melakukan kegiatan Lesson Study dengan mitra SMAN 1 Kota Depok. Lesson Study menjadi model pembinaan pendidik mata pelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui kolaborasi membuat perencanaan, mengobservasi pelaksanaan, dan merefleksi hasil. Hasil kegiatan PkM memperlihatkan perlu adanya upaya pendampingan pada semua rumpun mata pelajaran di SMAN 1 Kota Depok. Pada tahap plan upaya yang harus dilakukan adalah guru model disarankan mempersiapkan sendiri Rencana Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik dan memfasilitasi kegiatan pengayaan yang berkaitan dengan konsep dan kontens. Upaya program pendampingan pada tahap do adalah guru model disarankan agar tidak show of force saat pembelajaran, para observer diingatkan agar tidak memberi bantuan kepada siswa. Sedangkan pada kegiatan see lebih ditekankan pada aktivitas siswa bukan memojokkan kekurangan guru model. Tahap ini juga menyarankan agar moderator mengatur jalannya diskusi secara fokus dengan memecahkan masalah yang muncul satu persatu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hisyam, Z. (2008). Srategi pembelajaran aktif . Yogyakarta: Insan Mandiri.
Hendayana, S. (2006). Lesson Study, Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.
Karim, M., A. (2006). Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Lesson Study. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Press.
Joyce, B., & Marsha, W. (2003) Models of Teaching. Amerika: A. Pearson Education Company.
Lewis, C. C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better School. Inc.
Maulipaksi, D. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyana, S. (2007). Lesson Study. Kuningan: LPMP, Jawa Barat.
Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohmatika. (2018). Model Supervisi Klinis Terpadu untuk Peningkatan Kinerja Guru. Yogyakarta: Idea Press.
Undang, G. (2009). Lesson Study:Model Pengkajian Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Sayagatama.
Tim JICA (Japan International Cooperation Agency). (2009). Panduan untuk Peningkatan Proses Belajar dan Mengajar, Program Peningkatan Kualtias (PELITA SMP/MTs). Jakarta: IDCF (International Development Centre of Japan).
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i1.1890
Article Metrics
Abstract Views : 187 | PDF Views : 142Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.