Pelatihan Penyusunan dan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada MGMP Fisika Kabupaten Serang
Dwi Aprilia Setia Asih(1*), Dasmo Dasmo(2), Ahmad Jahrudin(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Dimasa pandemi saat ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan penyusunan dan penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mengukur tingkat ketercapaian pemahaman peserta dalam menyusun dan menulis laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam kegiatan pelatihan ini sasaran pesertanya adalah guru-guru MGMP di Kabupaten Serang. Metode pada pelatihan ini menggunakan metode diskusi dan simulasi atau pelatihan secara daring melalui aplikasi zoom. Pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksaan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi hasil pelatihan yang diberikan setiap akhir pertemuan yang digunakan untuk perbaikan kualitas pelatihan. Denagan hasil kuisioner setelah kegiatan yang menyatakan bahwa mitra sangat puas dan setuju dengan kegiatan pelatihan serta antusias jika akan diadakan kegiatan pengadian kepada masyarakat lagi di masa yang akan datang. Peserta termotivasi, dan memiliki kemampuan untuk melakukan, menyusun, dan menyajikan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) mencapai 82%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asriyanti, F. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SDN Kendalbulur I Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 4-8
Kunandar. (2013). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan Pembuatan Proposal dan Choaching Clinik Penelitian Tindakan Kelas Guru IPA Biologi Se-kabupaten Kubu Raya. Bulettin Al-Ribaath, 16(1). 36-40
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Molyono, T. (2016). Tantangan, Hambatan, Dan solusi Pengembangan Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru”COPE” , 10(1). 1-7.
Nugriansah, T. H., & Pringgowijiyo, Y. (2020) Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).
Sukanti. (2008). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1):1-11.
Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.
Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet. Ke-20
Utami, P. S., & Sutrisno. (2017). Pelatihan Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru PPKn MTS Di Kabupaten Ponorogo. J-ABDIPAMAS (Jurnal pengabdian Kepada Masyrakat), 1(1). 81-91
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1541
Article Metrics
Abstract Views : 230 | PDF Views : 229Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.