Pelatihan Penyusunan dan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada MGMP Fisika Kabupaten Serang



Dwi Aprilia Setia Asih(1*), Dasmo Dasmo(2), Ahmad Jahrudin(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dimasa pandemi saat ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan penyusunan dan  penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) dan  mengukur tingkat ketercapaian pemahaman peserta dalam menyusun dan menulis laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam kegiatan pelatihan ini sasaran pesertanya adalah guru-guru MGMP di Kabupaten Serang. Metode pada pelatihan ini menggunakan metode diskusi dan simulasi atau pelatihan secara daring melalui aplikasi zoom. Pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksaan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi hasil pelatihan yang diberikan setiap akhir pertemuan yang digunakan untuk perbaikan kualitas pelatihan. Denagan hasil kuisioner setelah kegiatan yang menyatakan bahwa  mitra sangat puas dan setuju dengan kegiatan pelatihan serta antusias jika akan diadakan kegiatan pengadian kepada masyarakat lagi di masa yang akan datang. Peserta termotivasi,  dan memiliki kemampuan untuk melakukan, menyusun, dan menyajikan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) mencapai 82%.


Keywords


Report preparation and writing, classroom action research, Physics MGMP

Full Text:

PDF

References


Asriyanti, F. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SDN Kendalbulur I Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 4-8

Kunandar. (2013). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan Pembuatan Proposal dan Choaching Clinik Penelitian Tindakan Kelas Guru IPA Biologi Se-kabupaten Kubu Raya. Bulettin Al-Ribaath, 16(1). 36-40

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Molyono, T. (2016). Tantangan, Hambatan, Dan solusi Pengembangan Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru”COPE” , 10(1). 1-7.

Nugriansah, T. H., & Pringgowijiyo, Y. (2020) Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Sukanti. (2008). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1):1-11.

Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet. Ke-20

Utami, P. S., & Sutrisno. (2017). Pelatihan Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru PPKn MTS Di Kabupaten Ponorogo. J-ABDIPAMAS (Jurnal pengabdian Kepada Masyrakat), 1(1). 81-91

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1541

Article Metrics

Abstract Views : 153 | PDF Views : 189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) 

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760

 

Published by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

email: jpmbio.sains@gmail.com

           jpmbio-sains@unindra.ac.id

https://goo.gl/maps/N7sb7TFicWsXqwKw5

 

INDEKSASI:

 

 

 

 

 Surya : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats