TOT Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Kepada Guru PAUD di Jakarta Timur
Zakiah Fithah A'ini(1*), Sri Murni Soenarno(2), Zuhana Realita Alfy(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemerosotan nilai budaya dan karakter bangsa kini menjadi masalah yang tidak dapat dihindarkan lagi, karena budaya asing masuk dengan mudah melalui informasi dan teknologi canggih. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan tentang budaya dan karakter bangsa. Pada prinsipnya pembelajaran untuk pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa diberikan melalui permainan tradisional agar siswa mengenal dan menerima budaya dan karakter bangsa sebagai milik mereka. Sasaran pelatihan adalah guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode pelaksanaan kegiatan dengan blended learning, yakni pemaparan materi melalui Google meet, sedangkan pelatihan kepada guru dilakukan dengan tatap muka. Jenis permainan yang dipresentasikan adalah “Uler-uleran”, “Tok-Tok Ubi”, dan “Gundu”. Pada tahap ini juga dilaksanakan diskusi dan evaluasi langsung terhadap manfaat permainan tradisional guna mendidik anak usia dini. Hasil evaluasi terhadap guru yang menjadi peserta pelatihan menunjukkan bahwa pemanfaatan permainan tradisional sebagai media pembelajaran merupakan suatu inovasi kreatif yang dapat diterapkan pendidik untuk mengembangkan nilai-nilai karakter dan budaya dalam pendidikan di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, B. S., Sudaryanti, & Muthmainnah. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31375/13649 Affan, M. H., & Maksum, H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. JURNAL PESONA DASAR , 3(4), 65–72. https://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7542/6209 Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh masuknya budaya asing terhadap nasionalisme bangsa Indonesia di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491– 7496. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186 Fauzi, A. R., Octaviani, D., & Yukha, E. M. (2022). Inventarisasi permainan tradisional sebagai media perkembangan nilai karakter pada anak SD/MI. JIPMI Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 9–21. https://ejournal.staisyekhjangkung.ac.id/index.php/jipmi Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Irwanto, I., Aspilayani, A., & Wahyuddin, W. (2014). Implementasi media pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam rangka pengembangan pendidikan dan karakter bangsa. Jurnal PENA, 1(1), 21–30. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/10/pdf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id Kementerian Pendidikan Nasional - Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa: Pedoman sekolah. Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. P. (2022). Permainan tradisional Gorontalo Ponti dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/41219/17637 Nurmadiah. (2016). Media pendidikan. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 43–62. Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946 Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Tekin, A. K. (2019). How to achieve quality early childhood education for all: Goal 4 of The United Nations Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 3(1), 71–80. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiZy ufM6pj7AhWCjgGHfS6A1QQFnoECBAQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.upi.edu%2Findex.php%2FJSD ER%2Farticle%2Fdownload%2F17173%2F9552&usg=AOvVaw2FVY5bGHtLMAsp_VtyO8Y0
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1385
Article Metrics
Abstract Views : 321 | PDF Views : 531Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.