PKM PELAYANAN KESEHATAN ANTISIPASI VIRUS CORONA COVID-19 DI KOTA DEPOK



Giry Marhento(1), Martua Ferry Siburian(2*), Mashudi Alamsyah(3), Rifqi Pratama(4), Jupriadi Jupriadi(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu daerah yang layak menjadi sasaran pelayanan kesehatan adalah Kecamatan Tapos Kota Depok merupakan salah satu wilayah yang terdampak Covid-19. Masyarakat di Kecamatan Tapos ini sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai pegawai swasta, sedang sebagian kecil bekerja sebagai guru, PNS dan wiraswasta. Tingkat ekonomi masyarakat sebagian besar masih berada di tingkat menengah kebawah dengan fasilitas pelayanan masyarakat yang sangat terbatas. Kondisi tersebut menyebabkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan sangat kurang. Perubahan perilaku yang menjadi fokus Germas terkait COVID-19 adalah melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi faktor risiko yang ada pada setiap orang. Pada pertemuan pertama, seluruh warga menyepakati untuk melakukan senam setiap hari minggu pagi. Keputusan ini dibuat sendiri oleh Gerakan Anti Covid Kota Depok (GA-Covid 19) melalui musyawarah yang difasilitasi oleh tim pengabdian. Hal ini telah mencerminkan adanya pemberdayaan masyarakat dalam merencanakan upaya kesehatan bagi mereka sendiri. Selanjutnya anggota dasawisma bersama-sama menetapkan lokasi senam dan bersedia menyediakan waktu untuk bersama-sama melakukan senam setiap hari minggu pagi.

Keywords


Pelayanan, Kesehatan, virus Covid-19

Full Text:

PDF

References


Bahar.M, T. (2018). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dari Langkah Awal Cuci Tangan Pakai Sabun Di Komplek Perumahan Upn Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat , 1-7.

Cahyanto.B, S. H. (2021). Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dI Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 69-74.

Maulani.H, F. A. (2021). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Mencuci Tangan Pakai Sabun di Kelurahan Cipondoh Makmur Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat, 1-9.

Minarni.E.W, U. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Dengan Budidaya Sayuran Organik Di Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal Dan Berkalanjutan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 147-154.

Rahman.H, P. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Keseha




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i1.1363

Article Metrics

Abstract Views : 119 | PDF Views : 114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) 

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760

 

Published by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

email: jpmbio.sains@gmail.com

           jpmbio-sains@unindra.ac.id

https://goo.gl/maps/N7sb7TFicWsXqwKw5

 

INDEKSASI:

 

 

 

 

 Surya : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats