Pelatihan Penggunaan Aplikasi Arloopa terhadap Dewan Guru SMP 258 Cibubur Jakarta Timur
Efri Gresinta(1*), Aan Risdiana(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberadaan Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah Indonesia mengambil kebijakan sistem belajar di rumah di berbagai tingkat pendidikan. Kebijakan ini disertai dengan intruksi penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (daring). Untuk mempermudah pembelajaran online (daring) diperlukan media yang relevan, dengan menggunakan media aplikasi Arloopa yang bernilai edukasi diharapkan peserta didik dapat belajar melalui pembelajaran yang lebih inovatif. Guru sebagai ujung tombak dalam Pendidikan dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran online. Namun kurangnya pemahaman dan keterampilan tentang pembelajaran online menjadikan guru masih kesulitan melaksanakan pembelajaran online secara maksimal. Begitu juga degan guru-guru yang ada di SMP 258 Cibubur Jakarta Timur sebagai mitra dalam pengabdian. Untuk memfasilitasi permasalahan tersebut, pelatihan terhadap guru-guru sangat diperlukan, terutama pelatihan pembelajaran daring yang interaktif. kami mencoba mengadakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Arloopa untuk Meningkatkan Interaksi dalam Pembelajaran Daring. Pelatihan dilaksanakan secara online melalui Aplikasi “Zoom Cloud Meeting”. Materi pelatihan meliputi 1) pentingnya pembelajaran daring yang menyenangkan; 2) pembuatan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Arloopa. Sedangkan luaran yang diharapkan antara lain: 1). Softskill dalam menggunakan aplikasi Arloopa. 2) File leaflet materi penggunaan aplikasi Arloopa. 3) Artikel yang akan publish di jurnal pengabdian masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Winda, & Noor, Fahriza. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Matematika Bersifat mendidik: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3), 191 –200.
Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan , 4(2).
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot pada pembelajaran matematika kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dari: http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/ SkripsiCahyaKurnia.pdf
Dewi, E. K. & Winata, H. (2018). Analisis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe murid penyedia dan menjelaskan dalam meningkatkan kemampuan pikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 214–225.
Keran, F. D. (2016). Taksonomi mekar–revisi: Ranah kognitif serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2).
Gunawan, I. & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Mekar–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Perdana: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02).
Hanafi, Muh Sain. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Tonguruan , 17 (1), 66 – 79.
Hariyadi, D., Indriyanto, M. W., & Habibi, M. (2020). Investigasi dan analisis forensik digital pada percakapanan grup WhatsApp menggunakan NIST SP 800-86 dan support vector machine. Moraref, 3(2), 34–38.
Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari mata pelajaran IPS siswa kelas 4 SD. Sarjana: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74–79.
Kurniawan, P. S. (2017). Pemodelan proses penyusunan laporan pada usaha kecil dan menengah (UKM). AKUNTABEL, 14(1), 29 – 37.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan hasil belajar siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan.
Purwadana, S. & Putra, S. E. D. (2020). Pembelajaran seni budaya (musik) menggunakan media audiovisual kelas X di SMP 2 Pariaman. Jurnal Sendratasik, 9(1), 33–41.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.
Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar menyenangkan bagi peserta didik. Jurnal Al -Ta Lim, 19(3), 209–215.
Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, KNPK. (2011). Taksonomi Bunga. Jurnal: Pusdiklat KNPK , 1–7.
Yunitarini, R. (2013). Sistem pendukung keputusan pemilihan penyiar radio terbaik. Jurnal Mikrotek, 1(1), 43–52.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1333
Article Metrics
Abstract Views : 170 | PDF Views : 141Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.