Pengelolaan Tanaman Hidroponik Di Sekolah Dasar Ar-Ruhaniyah 2 Jakarta Utara



Kasih Haryo Basuki(1*), Edward Alfin(2), Ulfah Hernaeny(3), Diah Turis Kaemirawati(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(4) Universitas Krisnadwipayana
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu permasalahan yang ada di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Ar Ruhaniyah 2 Jakarta Utara adalah  tidak memiliki perkarangan yang luas tetapi ingin berkontribusi memiliki tanaman yang berfungsi sebagai penghasil oksigen dan penyerap gas berbahaya bagi tubuh manusia. Praktik budidaya tanaman dengan metode hidroponik salah satu solusinya. Tanaman Hidroponik merupakan tanaman yang dapat dibudidayakan sehingga dapat memperindah pandangan dan mempercantik lingkungan. Oleh karena itu pada kesempatan ini tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) memberikan penyuluhan tentang konsep dasar memanfaatkan pekarangan dan pelatihan bercocok tanam dengan teknik hidroponik. Hal ini sesuai dengan kebutuhan mitra yang ingin memanfaatkan lahan seminimal mungkin untuk bercocoktanam. Hasil PKM menunjukkan mitra mengetahui dan memahami konsep dasar hidroponik dan memiliki keterampilan bercocok tanam dengan teknik hidroponik.

Keywords


Pekarangan, Hidroponik

Full Text:

PDF

References


Adiwardana, M. R., Bastiana, B., Salsabilah, M., & ... (2021). Pembuatan Hidroponik Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Kelestarian Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Berbasis Adiwiyata SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Journal Lepa-Lepa …, 1, 557–564. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17339 Ekaria. (2019). Analisis Usahatani Sayuran Hidroponik di PT. Kusuma Agrowisata. Jurnal BIOSAINSTEK, 1(1): 16–2. Destrinelli, D., Hayati, S., & Pamela, I. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Sistem Bercocok Tanam Hidroponik Di SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(2), 148–152. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/13758 Dharma, A. P., Biologi, P., Keguruan, F., Korespondensi, E. P., Warman, B., Jakarta, I. I., Peserta, T., & Mipa, X. (2020). Tingkat Ketertarikan Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Proses Pembuatan Hidroponik Abstrak development of life growth . This dedication training aims to determine the level of training was held on 29-30 October 2019 at High School Budhi Warman II , East J. 3(3), 202–205. Halim, Jimmy, (2017), Enam teknik hidroponik : Pilihan teknik bercocok tanam tanpa tanah di perkotaan, Jakarta : Penebar Swadaya. Herwibowo, Kunto dan N.S. Budiana, (2014), Hidroponik Sayuran Untuk Hobi dan Bisnis, Jakarta, Penebar Swadaya. Hidayat PN. (2018). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Program Hidroponik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(7): 444 – 455. Magfiroh L. (2017). Minat Bercocok Tanam Siswa Dengan Menggunakan Teknologi Hidroponik (Studi Kasus Kelas X dan XI MA Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2016/2017) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2021). : Jurnal Pendidikan Dasar Volume V, Nomor 1, Mei 2021. Jurnal Pendidikan Dasar, V, 51–59. Teknologi Hidroponik Untuk Tanaman Sayuran dan Tanaman Hias. https://thesains.wordpress.com/2013/11/15/teknologi-hidroponik-untuk-tanaman-sayuran-dan-tanaman-hias/. Diakses tanggal 31 Desember 2021




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v2i1.1329

Article Metrics

Abstract Views : 248 | PDF Views : 227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) 

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760

 

Published by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

email: jpmbio.sains@gmail.com

           jpmbio-sains@unindra.ac.id

https://goo.gl/maps/N7sb7TFicWsXqwKw5

 

INDEKSASI:

 

 

 

 

 Surya : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats