Analisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional Gasing sebagai Bahan Ajar Fisika
Irnin Agustina Dwi Astuti(1*), Yoga Budi Bhakti(2),
(1) Scopus ID: 57205061058 - Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpindo, O. (2014). Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang. Pillar of Physics Education, 3(1).
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2 (1).
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. (2021). Identifikasi Budaya Menjemur Padi “MOE” di Lebak sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnofisika. NUCLEUS, 2(1), 33-38.
Butsi, E. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 155-162.
Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. (2017). The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. 2018. Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6.
Hasibuan, R. (2010). Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik Sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2).
Kurniawan, M. R. (2018). Permainan tradisional Yogyakarta sebagai sumber belajar alternatif berbasis kearifan lokal bagi pembelajaran di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 98-111.
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, etnosains, dan kearifan lokal dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 81-88.
Nurhidayat, W., Aprilia, F., Wahyuni, D. S., & Nana, N. 2020. Etno Fisika Berupa Implementasi Konsep Kalor Pada Tari Mojang Priangan. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 138-141.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.
Risdianto, E., Dinissjah, M. J., & Nirwana, M. K. (2020). The Effect of Ethno Science-Based Direct Instruction Learning Model in Physics Learning on Students' Critical Thinking Skill. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 611-615.
Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.
Sintauri, B. D., Puspitasari, A. D., & Noviyanti, H. 2020. Kajian Etnomatematika Pada Permainan Gasing Yang Dijual Di Malioboro Yogyakarta. In Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan). September 2020, Pekalongan, Indonesia, pp. 419-428.
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student's Entrepreneurship. Journal of Physics: Conferebce Series, 824(1). doi:10.1088/1742-6596/824/1/012024.
Sudarmin, S., Mursiti, S., & Asih, A. G. (2018). The use of scientific direct instruction model with video learning of ethnoscience to improve students’ critical thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, No. 1, p. 012011). IOP Publishing.
Yanti, S. (2009). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Mijen Ii Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Universitas Negeri Surakarta.DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v3i2.869
Article Metrics
Abstract Views : 2359 | PDF Views : 1056Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irnin Agustina Dwi Astuti, Yoga Budi Bhakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|