Pengaruh Kesehatan Tehadap Penggunaan Lensa Blue Ray di Optik Sarimbit
Ahmad Dasuki(1*), Rindu Rindu(2), Fajar Saputra(3),
(1) Universitas Indonesia Maju
(2) Universitas Indonesia Maju
(3) Universitas Indonesia Maju
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi ini menyelidiki dampak promosi kesehatan terhadap penggunaan lensa sinar biru di antara pelanggan Optik Sarimbit Bogor, didorong oleh meningkatnya penggunaan perangkat digital di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, studi ini mensurvei 80 pelanggan yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi (α = 0,900 untuk promosi kesehatan; α = 0,880 untuk keputusan penggunaan). Analisis regresi linier sederhana mengungkapkan pengaruh positif yang signifikan dari promosi kesehatan (X) pada penggunaan lensa blue ray (Y), dengan persamaan Y = 14,994 + 0,685X. Koefisien determinasi (R Square) 0,608 menunjukkan bahwa promosi kesehatan menjelaskan 60,8% dari variasi dalam penggunaan lensa blue ray. Temuan ini mendukung Teori Perilaku Terencana dan Model Keyakinan Kesehatan, yang menunjukkan pentingnya strategi promosi kesehatan yang efektif dalam memasarkan lensa sinar biru. Studi ini merekomendasikan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang memengaruhi keputusan penggunaan dalam penelitian di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Durrohman, S., Yudha, H., & Parameswari, R. (2023). Pengaruh Edukasi Lensa Anti Blueray Terhadap Keputusan Pembelian Lensa di Optik Global Banyuwangi Tahun 2023.
Guo, F., Zhang, Q., Fan, M.-N., Ma, L., Chen, C., Liu, X.-H., Jiang, H., & Liu, Y. (2018). Fruit and vegetable consumption and its relation to risk of asthenopia among Chinese college students. International Journal of Ophthalmology, 11(6), 1020.
Haryanti, S. (2021). Statistika Dasar Untuk Penelitian Jilid 1 Dengan Aplikasi SPSS: Pada bidang Pendidikan, Sosial dan Kesehatan. Media Sains Indonesia.
Kohler, W. (2015). The task of Gestalt psychology. Princeton University Press.
Kok, P., & de Lange, F. P. (2023). Predictive coding in sensory cortex. An Introduction to Model-Based Cognitive Neuroscience, 221–244.
Lavidge, R. J., & Steiner, G. A. (1961). A model for predictive measurements of advertising effectiveness. Journal of Marketing, 25(6), 59–62.
Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 80(6), 69–96.
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374
Livanos, F., Simanjuntak, S., & Komalasari, I. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Lensa Bluechromic Terhadap Kenyamanan Di Optik Sarimbit Bogor Tahun 2022. Jurnal Optometri, 1(1), 33–42. https://doi.org/-
Marbun, F. K., Tarigan, S. B., & Sudarti. (2023). Tinjauan Analisis Manfaat dan Dampak Sinar Ultraviolet Terhadap Kesehatan Manusia. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(3), 605–612. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.235
Michael, C., & Stelios, R. (2020). The effect of military spending on income inequality: evidence from NATO countries. Empirical Economics, 58(3), 1305–1337.
Orr, G. (2003). Diffusion of innovations, by Everett Rogers (1995). Retrieved January, 21, 2005.
Primadiani, I. S., Rahmi, F. L., & Miopia, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Progresivitas Miopia Pada Mahasiswa Kedokteran. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(4), 1505–1517.
Puspasari, D., Amalia, D., Pamungkas, E. W., Hendraliany, S., & Fitriani, D. (2024). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kontak Pada Diens Optik Purwakarta. Jurnal EMT KITA, 8(3), 974–983. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2791
Ratnayake, K., Payton, J. L., Lakmal, O. H., & Karunarathne, A. (2018). Blue light excited retinal intercepts cellular signaling. Scientific Reports, 8(1), 10207.
Simon, K. (2023). Digital 2020: Indonesia. Accessed: Nov, 11.
Suhartini, M., Khotimah, K., & Hidayat, R. (2020). Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik-Sehat Tambakrejo Jombang. AGROSAINTIFIKA, 2(2), 131–146.
Tortora, G. J., & Derrickson, B. H. (2018). Principles of anatomy and physiology. John Wiley & Sons.
Yanuar, M. M., Qomariyah, N., & Santosa, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i1.784
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i2.3396
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Dasuki, Rindu Rindu, Fajar Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|