Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Terhadap Literasi Sains Siswa



Salma Anditha(1*), Iwan Permana Suwarna(2), Taufiq Al Farizi(3),

(1) Physics Education Syarif Hidayatullah Jakarta Islamic State University
(2) Syarif Hidayatullah Jakarta Islamic State University
(3) Syarif Hidayatullah Jakarta Islamic State University
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan literasi sains siswa merupakan salah satu tantangan utama dalam pendidikan, terutama pada pembelajaran fisika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Media pembelajaran menjadi salah satu solusi strategis untuk mengatasi tantangan ini karena mampu membantu siswa memahami konsep fisika secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan effect size pengaruh media pembelajaran fisika terhadap literasi sains siswa melalui metode meta-analisis. Metode ini dilakukan dengan acuan PRISMA dengan empat tahapan yaitu identification, screening, eligibility, include untuk menyeleksi dan menganalisis artikel yang relevan, ditemukan 18 artikel memenuhi kriteria yang ditetapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh effect size yang besar dalam penerapan media pembelajaran fisika sebesar 2,63 yang mengindikasi tingkat efektivitas yang besar dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya integrasi media pembelajaran inovatif ke dalam proses pembelajaran fisika, seperti penggunaan media digital interaktif dan penyediaan media visual cetak yang mendukung. Rekomendasi bagi pendidik adalah memilih media yang relevan dengan kebutuhan siswa dan materi pembelajaran untuk memaksimalkan dampaknya terhadap literasi sains.


Keywords


Meta analysis, learning media, science literacy, physics

Full Text:

PDF

References


Aulia, D. M., Parno, & Kusairi, S. (2021). The Effect of TPACK-STEM Based E-module on Science Literacy of Optical Devices with PBL-STEM Model Accompanied by Formative Assessment. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Barokah, A., Kurnia, I. R., Kalsum, U., Bangsa, U. P., Bangsa, U. P., & Bangsa, U. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. 9(2), 91–95.

Cahya, K., Setiawan, R., Sandra, L., Parwatiningsih, Dewi, N. M., & Supriadi, B. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains pada Pokok Bahasan Materi Massa Jenis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 4119–4127.

Dewi, L., Jumini, S., & Prasetya Adi, N. (2022). Implementasi Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Murid pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 247–267. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.190

Fahlevi, A., Jumadi, J., Wilujeng, I., & Titisari, G. (2024). Fostering Environmental Literacy through Innovative Learning: Using PBL-based Science E-books Integrated with Local Potential of Rawa Bento. Journal of Innovative Physics Teaching, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.24036/jipt/vol2-iss1/40

Fatmawati, T., & Pertiwi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbantuan Phet Simulation terhadap Literasi Sains Peserta Didik. 3(1), 95–102.

Fuadina, Z. N., Supeno, Ahmad, N., & Sugihartoko. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi dalam Pembelajaran IPATerhadap Literasi Sains Siswa DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 102–110.

Harianto, R. (2023). Media Pembelajaran Digital Phisycs Module (DPM) di SMA: Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 86–92. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.303

Hasan, N., Pertiwi, & Mistika, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi IPA2 SMA Makassae Raya. Jurnal Pendidikan Dan Sains Fisika, 1(1), 27–32. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/omega.v1i1.476

Hasanah, U., & Shimizu, K. (2020). Crucial Cognitive Skills in Science Education: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(1), 36. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i1.7140

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Muthi, F. H., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. 2, 131–140. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Pita, W. D. (2023). Studi Literatur : Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 6, 82–94.

Kastina, A. (2024). Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis website pada materi Sistem Tata Surya Kelas VII. 5 di SMPN 3 Makasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan …, 5(0), 1–23. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1315

Kurniawati, T. D., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 32–41. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.685

Masruroh, A. N., & Prasetyo, Z. K. (2018). Pengaruh E-Modul Berpendakatan Guided Inquiry Bermuatan Nature Of Science Terhadap Literasi Sains Siswa Effect Of E-Module With Guided Inquiry Approach Containing Nature Of Science To Student’s Science Literacy. Jurnal Pendidikan IPA, 3, 165–171.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. 273–284.

Nurdiana, Z., & Sartika, S. B. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 242–251. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4472

Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3257–3267.

Piaget, J. (1977). The Development of Thought: Equilibration of Cognitive Structures. Viking Press.

Riska, F. M., Fitriana, S., Hardianti, T., Rizaldi, R., Syahwin, S., & Mardiana, N. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan V-Lab (Virtual Laboratory) Pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 5(2), 200–213. https://doi.org/10.31540/sjpif.v5i2.2352

Rohmi, P. (2021). Efektivitas LKPD Berbasis Inquiry Lesson Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Papua Journal Of Physics Educatioin, 2(1).

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami e-learning: konsep, teknologi, dan arah perkembangan (L. Mayasari (ed.); 1st ed.). Andi Publisher.

Sania, K., Yogica, R., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati. 08, 109–119.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985

Supardi, U. ., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Supratman, S., Noviat, W., & Hidayanti, N. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning terhadap Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 623–631. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7635614

Uslan, Abdullah, N., Imami, M. K. W., & Aiman, U. (2024). the Effectiveness of the Local Knowledge-Based Module (Lkbm) To Improve Students Scientific Literacy and Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 147–161. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.47561

Vygotsky, L. . (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4

Winda, Takda, A., & Tahang, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Physics Education Technology (PhET) Simulation untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 2 Pasarwajo. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 81–89. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.6

Yatin, Abidin, Z., & Ginanjar Arip, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM Dengan Media Canva Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Numerasi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 888–903. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10152999.

Yunitdi, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dalam E Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Murid Kelas Vi Gugus I Kecamatan Talawi Pada Materi Gerak Bumi. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 7, 46–60. https://ojs.co.id/1/index.php/jep/article/view/550




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i2.3279

Article Metrics

Abstract Views : 96 | PDF Views : 47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salma Anditha, Salma Anditha, Iwan Permana Suwarna, Taufiq Al Farizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License