Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton
Annisa Bella Haryanti(1*), Eko Risdianto(2), Dedy Hamdani(3), Rikha Kurniaty(4),
(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(4) SMA Negeri 3 Kota Bengkulu
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599
Aziz, A., Sari, N. R., & Sibilana, A. R. (2020). Improving Student Achievement Using Flipchart Based Cooperative Learning in Tulungagung. September. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081031
BSKAP. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Kimia Fase E - Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. In Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hamdani, D. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan media. Jurnal Exacta, VIII(2), 54–63.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Ikhwanuddin, Jaedun, A., & Purwantoro, D. (2010). Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan, 40(2), 215–230.
Kalogiannakis, M., Papadakis, S., & Zourmpakis, A. I. (2021). Gamification in science education. A systematic review of the literature. Education Sciences, 11(1), 1–36. https://doi.org/10.3390/educsci11010022
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya.
Laelasari, E., Dyah, L., & Kartini, T. (2018). Model Gamifikasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Daring (pp. 1–43). http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN 2018/2 model gamifikasi/model gamifikasi.PDF
Nizwardi, J., & Ambiyar, A. (2016). Media & Sumber Belajar. In Jakarta : Kencana.
Nurlina, N., Makassar, U. M., Riska, R., & Makassar, U. M. (2019). Fisika dasar i (Issue April 2018).
Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.
Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta
Risdianto, E., Syarkowi, A., & Jumiarni, D. (2021). Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 47–57. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p047
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Sari, Parno, & Taufiq. (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1323–1330. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11663
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.
Sultan, A. D., & Bancong, H. (2017). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Melalui Model. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5.
Sungkono. (2008). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. In Majalah Ilmiah Pembelajaran (Vol. 4, Issue 1, pp. 71–79).
Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022)
Yulianto, A., Sufiati, N., & Rokhima, N. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 41–46. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1881
Yunita, Y., Juandi, D., Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., Astra, I. M., Diana, N., & Sukma, Y. (2021). The impact of implementation of STEM integrating project-based learning on students ’ problem- solving abilities The impact of implementation of STEM integrating project- based learning on s tudents ’ problem-solving abilities.
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i1.2457
Article Metrics
Abstract Views : 139 | PDF Views : 74Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Annisa Bella Haryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|