Penerapan Metode Minor-Kofaktor Matrik Bujursangkar Orde-3 dalam Aturan Cramer pada Penyelesaian Soal Rngkaian Listrik DC 2-Loop



Ratih Wahyudianti(1*),

(1) Jember University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemahaman akan konsep-konsep fisika tidak dapat dipisahkan dengan penggunaan persamaan matematika, seperti pada materi rangkaian listrik DC 2-loop. Hukum Kirchoff I dan II dalam rangkaian listrik 2 loop menghasilakn 3 persamaan linier 3 variabel. Subsitusi-eliminasi adalah metode yang sering digunakan untuk menyelesaikan persamaan linier dengan variable . Penyelesaian persamaan linier dengan variable  dapat menggunakan aturan Cramer, karena lebih efektif dan efisien. Dalam aturan Cramer, determinan matrik orde 3 dapat diselesaikan dengan menggunakan metode minor kofaktor, yaitu jumlah perkaliaan elemen-elemen pada baris atau kolom dengan kofaktor-kofaktor yang sesuai. Sehingga aturan Cramer dapat digunakan untuk menentukan arus listrik dalam rangkaian listrik DC 2 loop dengan menggunakan persamaan . Dari hasil uji coba pada mahasiswa pendidikan fisika Angkatan 1 didapatkan respon positif sebesar 62,77%. Jadi aturan Cramer berbantuan metode minor-kofaktor dapat digunakan sebagai alternative penyelesaian rangkaian listrik DC minimal 2 loop.

Full Text:

PDF

References


Antoro, B. H., Supriadi, B., Prihandono, T., Muttaqin, M. R., Azizah, N. H., & Epiningtiyas, S. (2020). Analysis of magic table in completin of closed flow circuits Analysis of magic table in completin of closed flow circuits. Journal of Physics: Conference Series, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012043

Aryani, F., & Marzuki, C. C. (2018). Determinan Matriks Toeplitz Bentuk Khusus Menggunakan Ekspansi Kofaktor. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 4(2), 82–88.

Batarius, P., & Samane, I. P. A. N. (2021). Analisis Metode Gauss-Jordan Dalam Penentuan Arus Pada Rangkaian Listrik. Jurnal Ilmiah MATRIK, 23(3), 279–290.

Darmawati. (2019). Peka Matematika Lanjutan: Buku Suplemen Untuk Siswa SMA/MA. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=227IDwAAQBAJ

Devita, R. (2022). Eksistensi Metode Cramer Sebagai Solusi Penyelesaian SPL Dalam Kasus Rangkaian Listrik. JURNAL SYNTAX FUSION, 2(10), 859–870., 2(10), 859–870. https://fusion.rifainstitute.com

Hasyim, F., & Ramadhan, A. (2018). Kecukupan Kemampuan Matematika Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 1(2), 1–6.

Hidayatulloh, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Dalam Penyelesaian Soal – Soal Fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1636

Ilhamsyah, B. Y., Sudarti, & Bektiarso, S. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Materi Rangkain Arus Searah Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(3), 98–105.

Ilmi, U., Faroh, R. A., Hanifah, A. I., & Mukhoyyaroh, N. I. (2023). Studi Persoalan Sistem Persamaan Linear dalam Rangkaian Listrik Berbasis Matlab dan OBE. Jurnal ELECTRA, 3(2), 35–45.

Maharani, N. (2020). Perbandingan Tingkat Pemahaman Mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia pada Metoda Eliminasi Gauss dan Metoda Cramer pada Penyelesaian Sistem Persamaan Linier. Journal of Science Education, 4(2), 66–73.

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-modul Fisika Sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL Di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Ilmu Fisika, 3(1), 70–80.

Mutoharoh, M., Sabrina, P. M., & Muliyati, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Gauss Seidel pada Kasus Rangkaian Listrik. Jurnal Pendidikan, Inovasai, Dan Terapan Teknologi, 1(2), 45–52.

Nissa, I. C., Pangga, D., & Febrilia, B. R. A. (2022). Kemampuan Matematika Dasar Mahasiswa Fisika Ditinjau dari Mathematical Procedural Skills, Conceptual Understanding, dan Algoritmic Problem Solving. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 442–450.

Puri, P. R. A., & Perdana, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul Pada Materi Fluida Statis Dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 93–101.

Puspita, I. (2021). Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Listrik DC Melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual Phet Aplication Program dan Media Sosial Telegram. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 569–588. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i3-7

Rahma, A. N., Fitri, T., & Rahmawati. (2023). Determinan Matriks ???????????????????????? (??, ??, ??, … , ??) Ordo ?? × ?? (?? ≥ ??) Menggunakan Metode Salihu. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 9(2), 53–65. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i2.21971

Ramli, I. (2019). Penggunaan Scilab Dalam Menyelesaikan Persoalan Fisika: Osilasi Teredam. Jurnal Dinamika, 10(1), 1–9.

Sandy Fahamsyah, S. S., Wahyu, T. R. B., & Estrada, O. (2018). TOP ONE Buku Pintar Fisika SMA: Jago Fisika ala Bimbel. BintangWahyu. https://books.google.co.id/books?id=ALFlDwAAQBAJ

Sarni, N., Sukariasih, L., & Anas, M. (2023). Identifiskasi Miskonsepsi Peserta didik Kelas X Pada Konsep Listrik Dinamis dengan Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test di SMK Negeri 1 Muna Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 196–205.

Solihudin, D., Mayub, A., & Sutarno. (2023). Analisis Kebutuhan Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Materi Listrik Dinamis. Journal on Education, 05(04), 15791–15798.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i2.2326

Article Metrics

Abstract Views : 434 | PDF Views : 305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratih Wahyudianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License