Microlearning dalam Pembelajaran Fisika: Literature Review



Suci Haryanti(1*), Elfita Rahmi(2), Prahesti Tirta Safitri(3), Ivan Hanafi(4), Teguh Trianung Djoko Susanto(5),

(1) Akademi Refraksi Optisi Kartika Indera Persada
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Tangerang
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Penguasaan bidang fisika ini dibutuhkan bagi para peserta didik yang akan mendalami bidang-bidang sains untuk mengoptimalkan segala hal yang tersedia di alam raya. Pembelajaran fisika membutuhkan strategi dan media yang dapat menunjang proses pembelajaran agar peserta didik lebih mudah memahami konten materi yang disajikan dan mereka mampu mengembangkan materi yang telah diberikan. Penggunaan microlearning menjadi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk lebih fokus dalam belajar ilmu fisika. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk menganalisis berbagai penelitian terkait microlearning dalam pembelajaran fisika dari tahuh 2018 hingga 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah system literatur review. Metpde SLR digunakan untuk mengidentifikasi dan menafsirkan penelitian yang tersedia di bidang subjek dari fenomena yang menarik dalam pembelajaran fisika dengan microlearning yang dibahas secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa microlearning dalam pembelajaran fisika dapat mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Adesoji, F. A. (2008). Managing students’ attitude towards science through problem–solving instructional strategy. The Anthropologist, 10(1), 21–24.

Adhipertama, I. M. C., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). The Development of Learning Video Based on Micro-Learning Principle Towards Science Subject in Junior High School. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 132–143.

ALSHEHRİ, A. (2021). The effectiveness of a micro-learning strategy in developing the skills of using augmented reality applications among science teachers in jeddah. International Journal of Educational Research Review, 6(2), 176–183.

Bakır, S. (2014). The effect of microteaching on the teaching skills of pre-service science teachers. Journal of Baltic Science Education, 13(6), 789–801.

Díaz Redondo, R. P., Caeiro Rodríguez, M., López Escobar, J. J., & Fernández Vilas, A. (2021). Integrating micro-learning content in traditional e-learning platforms. Multimedia Tools and Applications, 80, 3121–3151.

Dixit, R. K., Yalagi, P. S., & Nirgude, M. A. (2021). Breaking the walls of classroom through Micro learning: Short burst of learning. Journal of Physics: Conference Series, 1854(1), 12018.

Erol, M., Selcuk, G. S., & Calishan, S. (2006). Evaluation of Problem solving behaviours of physics teachers’ candidates, HU. Journal of Education, 30, 73–81.

Galarosa, K. J. D., & Tan, D. A. (n.d.) (2022). STUDENTS’ACADEMIC PERFORMANCE AND MOTIVATION IN PHYSICS USING A MICROLEARNING APPROACH VIA CYBERGOGY LEARNING ENVIRONMENT.

Guido, R. M. D. (2018). Attitude and motivation towards learning physics. ArXiv Preprint ArXiv:1805.02293.

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis ADDIE pada pembelajaran tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224.

Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. (2016). The impacts of implementing problem-based learning (PBL) in mathematics: A review of literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(12), 490–503.

Netzer, C., & Mittelstädt, A. (2021). Incorporating microlearning videos, online exercises and assessments into introductory physics. ArXiv Preprint ArXiv:2108.01385.

Nurlaela, N., Irfan, A. M., & Andi Muadz, P. (2023). Self Regulation Learning Dalam Konsep Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Semingson, P., Crosslin, M., & Dellinger, J. (2015). Microlearning as a tool to engage students in online and blended learning. Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 474–479.

Setiada, T. B., Fatirul, A. N., & Waluyo, D. A. (2022). Pengembangan Pengembangan Microlearning pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-Hari untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 6(1), 1–7.

Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The Effectiveness of Mobile Augmented Reality Assisted Stem-Based Learning on Scientific Literacy and Students’ Achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1862

Article Metrics

Abstract Views : 338 | PDF Views : 297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suci Haryanti, Elfita Rahmi, Prahesti Tirta Safitri, Ivan Hanafi, Teguh Trianung Djoko Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License