Rancang Bangun Alat Peraga Gaya Lorentz



Andry Fitrian(1*), Iman Noor(2), Ahmad Jahrudin(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan rancang bangun alat peraga pembelajaran fisika pada materi Gaya Lorentz. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga Gaya Lorentz. Rancang bangun ini menggunakan alat seperti obeng, pemotong akrilik, gunting, bor listrik, dan multimeter. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu akrilik, kabel, baut, pipa kuningan, magnet neodium, colokan pisang, baterai, kabel buaya dan aluminium foil. Hasil pengujian alat peraga Gaya Lorentz ini menghasilkan arus listrik rata-rata 1,972 A, muatan medan magnet 0,3 Tesla, panjang penampang 0,1 m. Sehingga didapatkan hasil rata-rata perhitungan Gaya Lorentz yaitu 2,372 N.


Keywords


Rancang Bangun, Alat Peraga, Gaya Lorentz.

Full Text:

PDF

References


Boimau, I., Mellu, N. K. R., & Manuain, R. M. (2020). Rancang Bangun Alat Praktikum Viskometer Berbasis Ardiono. Wahana Fisika, 5(1), 28–40.

Fitrian, A. (2020). Pengembangan Generator Listrik Mini Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1).

Kalz, E. (2022). Diffusion Under the Effect of Lorentz Force. Springer Nature.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Mellu, R. N. K., & Boimau, I. (2020). Implementation of the Viscometer Practicum Tool to Improve Conceptual Understanding of and Process Skills of Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 249–262.

Novitasari, V. (2019). Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) dari Benih Lama yang Diinduksi Kuat Medan Magnet 0, 1 mT, 0, 2 mT dan 0, 3 mT.

Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk peningkatan pemahaman konsep fisika pada siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7–10.

Roth, B. J. (2011). The role of magnetic forces in biology and medicine. Experimental Biology and Medicine, 236(2), 132–137.

Septyansyah, A., & SI, S. (2013). Rancang Bangun Alat Peraga Gaya Lorentz sebagai Upaya Penambahan Alat Praktikum di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rancang Bangun Alat Peraga Gaya Lorentz Sebagai Upaya Penambahan Alat Praktikum Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 7(2), 216–234.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1810

Article Metrics

Abstract Views : 404 | PDF Views : 744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andry Fitrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License