Hubungan Antara Minat Belajar Fisika Dan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Siswa SMP Kelas VIII



Eduard Laratmase(1*), Supardi U S(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi pada siswa kelas VIII SMP Xaverius Passo. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Analisis data menggunakan teknik korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh deskripsi kemampuan awal siswa tanpa ada perlakuan di kategorikan siswa gagal, rata-rata skor siswa diperoleh 27,59. Selanjutnya ada tes formatif siswa yang menunjukan hasil belajar siswa terhadap materi energi dijelaskan bahwa 1 (2,78%) siswa berada pada kualifikasi sangat baik dan 18 (50%) siswa berada pada kualifikasi baik, serta 17 (47,22) siswa berada pada kualifikasi cukup, rata-rata skor pencapaian siswa pada tes formatif diperoleh 84,09. Pencapain siswa pada aspek kognitif dengan rata-rata skor pencapaian yang diperoleh adalah 86,42, pencapaian siswa pada aspek afektif dengan rata-rata skor pencapaian yang diperoleh adalah 89,36, serta pencapaian siswa pada aspek psikomotor dengan rata-rata skor pencapaian 88,27. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang siginifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa.


Keywords


Model pembelajaran NHT, Minat Belajar Fisika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bani, M., & Bora, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa SMA N 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Gatranusantara, 18(2), 304-309.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(2), 52-60.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18.

Husna, S. M., & Kurniawan, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Merangin. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (Vol. 1, No. 1, pp. 1-5).

Murwanto, S. (2020). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 14-28.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Nurjanah, I. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Sejarah) SMPN 87 Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.

Wati, R., Nyeneng, I. D. P., & Suyanto, E. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Widianta, I. M. N. (2021). Video Pembelajaran Fisika Sebagai Sumber Belajar Daring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 9 Mataram di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 8(3), 377-385.

Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Fisika dengan pendekatan physics-edutainment berbantuan CD pembelajaran interaktif. Journal of Primary Education, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.1113

Article Metrics

Abstract Views : 174 | PDF Views : 213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EDUARD LARATMASE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License