Meta- Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Lukman Hakim(1*), Supardi US(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).
Dewi, E. K., & Winata, H. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 214-225.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Glass, G.V., McGraw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publication.
Hakim, T. (2005). Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan Menentukan Cita–cita; Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Janah, R. S. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke 21, Prisma 2. 905 – 910.
Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.37 Tahun 2018. Jakarta: Kemdikbud.
Malik, A., Vitriani, V., & Chusni, M. M. (2018). Improving students' critical-thinking skills through student facilitator and explaining model in momentum and impulse topic. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 55-64.
Maryanti, S. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2).
Mawarsih, M., Syamsu, S., & Kamaluddin, H. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatife student facilitator and explaining untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 22-25.
Muchyidin, A. (2014). Perbandingan pemahaman matematika siswa antara kelas yang menggunakan metode student facilitator and explaining dengan metode peer teaching pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).
Mustikasari, I., Supandi, S., & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 303-309.
Patriot, E. A., Suhandi, A., & Chandra, D. T. (2018, May). Optimize scientific communication skills on work and energy concept with implementation of interactive conceptual instruction and multi representation approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.
Prasetyo, E. (2010). Pengaruh model student facilitator and explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi invertebrata di SMA 1 Boja. Skripsi pada Pendidikan Biologi UNNES.
Sahin, M. C. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1464-1468.
Sandhy, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik terhadap Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10).
Rusilowati, A., & Khanafiyah, S. (2013). Implementasi Model Eksperimen Gelombang Open-Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2).
Setiawan, M. A., Budiretnani, D. A., & Utami, B. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 6 Kediri pada pokok bahasan fungi. Jurnal Florea Volume, 4(1), 1-4.
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.1039
Article Metrics
Abstract Views : 203 | PDF Views : 163Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lukman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|