Meta- Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa



Lukman Hakim(1*), Supardi US(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kembali penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta - analisis. Penenlitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian kemudian menelusuri jurnal penelitian yang sudah ada melalui Google Scholar maupun Garuda dengan kata kunci “model student facilitator and explaining” dan keterampilan yang mendukung keterampilan berpikir kritis yaitu “keterampilan abad 21, komunikasi, aktivitas, dan keterampilan berpikir kritis”. Dari penelusuran itu diperoleh 28 Jurnal dan diambil 6 Jurnal yang relevan. Data analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mulai dari yang terendah 0,12%. Sampai yang tertinggi 1,47% dengan rata – rata 0,89 %.

Keywords


Student Facilitator and Explaining

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Dewi, E. K., & Winata, H. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 214-225.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Glass, G.V., McGraw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publication.

Hakim, T. (2005). Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan Menentukan Cita–cita; Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Janah, R. S. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke 21, Prisma 2. 905 – 910.

Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.37 Tahun 2018. Jakarta: Kemdikbud.

Malik, A., Vitriani, V., & Chusni, M. M. (2018). Improving students' critical-thinking skills through student facilitator and explaining model in momentum and impulse topic. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 55-64.

Maryanti, S. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2).

Mawarsih, M., Syamsu, S., & Kamaluddin, H. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatife student facilitator and explaining untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 22-25.

Muchyidin, A. (2014). Perbandingan pemahaman matematika siswa antara kelas yang menggunakan metode student facilitator and explaining dengan metode peer teaching pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Mustikasari, I., Supandi, S., & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 303-309.

Patriot, E. A., Suhandi, A., & Chandra, D. T. (2018, May). Optimize scientific communication skills on work and energy concept with implementation of interactive conceptual instruction and multi representation approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.

Prasetyo, E. (2010). Pengaruh model student facilitator and explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi invertebrata di SMA 1 Boja. Skripsi pada Pendidikan Biologi UNNES.

Sahin, M. C. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1464-1468.

Sandhy, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik terhadap Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10).

Rusilowati, A., & Khanafiyah, S. (2013). Implementasi Model Eksperimen Gelombang Open-Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2).

Setiawan, M. A., Budiretnani, D. A., & Utami, B. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 6 Kediri pada pokok bahasan fungi. Jurnal Florea Volume, 4(1), 1-4.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.1039

Article Metrics

Abstract Views : 203 | PDF Views : 163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lukman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License