Pengembangan Komik Digital Berbasis Metode Demonstrasi sebagai Suplemen pada Pokok Bahasan Massa Jenis Zat



Senni Nuraida(1), Yoga Budi Bhakti(2*), Tatan Zenal Mutakin(3),

(1) Sekolah Menengah Pertama Mutiara Jaya Bekasi
(2) Scopus ID: 57208630882 - Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan media studi dalam komik digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan devolopment dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, peningkatan, dan peningkatan) dan penelitian yang dilakukan hanya pada tahap penyelesaian. Karena belum pada tahap respon eksperimental pendidik dan peserta pelatihan, perbaikan, dan produksi massal. Penelitian ini telah menghasilkan komik digital dengan subjek kepadatan. Media ini layak digunakan berdasarkan validasi pakar media rata-rata 82,96% dalam kategori "layak", rata-rata ahli material 85,83% dalam kategori "layak". Dari dua validasi ahli yang diperoleh rata-rata 90,28% dengan kategori "benar-benar layak". Sedangkan hasil penilaian rata-rata oleh seorang praktisi sebesar 85,26% dalam kategori "layak".

Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, Komik Digital, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Amalia, E., & Ibrahim, I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dengan Mengunakan Metode Demonstrasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 98-107.

Andani, T., Mawaddah, I. Z., & Yuliani, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Web pada Pokok Bahasan Efek Doppler di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 26-32).

Astiani, A. (2019). Pengaruh Punggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri 16 Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Eastman, B. (2012). The Spectacular Teacher-Man: Comics as Primary Text in a Science Classroom. Juniata Voices, 12, 156.

Fartati, F. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas II SD No. 1 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Online, 3(4).

Hakim, A. F. (2018). Pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran alat-alat pembayaran internasional pada materi perekonomian terbuka. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(3), 204-212.

Izzati, D. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 8(4), 281-287.

Mariko, S., & Andri, A. (2018). Perancangan Software Aplikasi Berbasis Android untuk Menghitung Variabel Fisika Listrik dan Magnet. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 3(1), 17-25.

Minarni, M., Malik, A., & Fuldiaratman, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik dengan 3D page flip pada materi ikatan kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.

Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Nurhadiansah, I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Tokoh Dan Penokohan Nico Robin Dalam Komik One Piece Karya Oda Eiichiro. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(1), 139-144.

Pratiwi Alvina, A. (2019). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Media E-learning Berbasis Edmodo Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XII SMA Adhyaksa 1 Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21-29.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Purnamasari, H., Siswoyo, S., & Serevina, V. (2018, November). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pada Materi Dinamika Rotasi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 7, pp. SNF2018-PE).

Rusnayati, H., Stefani, R., & Wijaya, A. F. C. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 69-76.

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di kota singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sariani, N. P. S., Agung, A. A. G., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2015). Implementasi Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Khususnya Mengenal Bilangan Di TK Ganesa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Setiani, D., Dewi, P. F. A., Delya, S. M., Rahmawati, V., & Dasmo, D. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Digital Berbasis Line Webtoon Pada Pokok Bahasan Tekanan.

Syaferi, A., Hakim, N., Yudiyanto, Y., & Suhendi, S. Pengembangan Komik Digital COVID-19 Menggunakan Flip PDF Professional sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X SMA. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(1), 1-7.

Tiyas, R., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2014). Pembuatan komik Fisika sebagai Media Pembelajaran Pada Topik Prinsip Kerja Kamera. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 17-21.

Ulfah, M., & Okyranida, I. Y. (2021, July). Pengembangan Komik Digital Berbasis PBL (Problem Based Learning) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Energi. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Wardani, A. K. (2013). Tinjauan Ulang Materi Ajar Gerak Lurus melalui Visualisasi Foto dan Video Percobaan Fisika. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Yakin, R. Q., Suwindra, I. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak-Gerak Lurus Beraturan, Berubah Beraturan, Dan Jatuh Bebas. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(2), 21-30.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.1002

Article Metrics

Abstract Views : 790 | PDF Views : 350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senni Nuraida, Yoga Budi Bhakti, Tatan Zenal Mutakin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License