Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Minat Belajar Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada SMA Negeri di Kabupaten Bogor



Nurtanti Nurtanti(1*),

(1) Fakultas Pascsarjana Universitas Indraprasta PGRI SMAN 1 Caringin, Bogor Jawa Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 86 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,015. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,026 < 0,05 dan thitung = 2,265. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,954.

Keywords


Persepsi; Media Pembelajaran; Minat Belajar; Prestasi Belajar Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Tanpa tempat: PT. Indah Jaya Adi Pratama. Anindita.(2002).http://id.pantisal16.blogspot.com/2012/09/persepsi.html diakses pada tanggal 15 Januari 2013 pukul 19.14 WIB. Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Dalyono, (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Djaali, (2008) Pengukuran Bidang Pendidikan. Jakarta: PPS Universitas Negeri Jakarta Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S.B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta. Effendi, E. (2006). Teknik Pengambilan Sampel. Jakarta: LP3ES Fatkhurrohman, P. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim, M. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press. Kerlinger, F.N. (2003). Asas-asas Penelitian Behavioral. (alih bahasa Landung, R, Situmorang dan H.j. Koesoemanto. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nasution, S. (1992). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Purwanto, N. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. __________. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogakarta: PT. Rineka Cipta. Robbins, S.P. (2003). Perilaku Organisasi. Jilid I. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia. Rosyadi. (2001). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama. Sadiman, A.S. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo. Singarimbun, M. & Efendi, S. (1999). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. ________. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. ________. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugihartono. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Surya, M. (2003). Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Syah, M. (2012. Psikologi Pendidikan Dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Bebasis Integral). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v3i2.2124

Article Metrics

Abstract Views : 101 | PDF Views : 127


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v3i2.2124.g1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurtanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.