Penguat Ekonomi Kreatif di Era Pandemi Melalui Digital Branding
Sevilia Sujarwo Indrias Putri(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai inovasi baru penguat ekonomi kreatif di masa pandemi dengan strategi branding produk melalui media digital atau digital branding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah produk MOP beauty sebagai pelaku ekonomi kreatif. Branding adalah usaha memperkenalkan produk kepada masyarakat dengan strategi membangun suatu pernyataan rasional, emosional, dan kultural dari sebuah produk sebagai upaya pengenalan sebuah produk dengan tujuan untuk memengaruhi pilihan konsumen agar memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya. Dari penelitian ini bisa diketahui bahwa membangun strategi digital branding merupakan sebuah bekal yang amat penting sebagai penguat ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19. Sebuah proses membangun brand yang kuat dapat menciptakan ketahanan sehingga brand produk mampu melewati masa sulit pandemi Covid-19 dengan baik. Dengan demikian kepercayaan konsumen terhadap brand maupun penjualan dapat meningkat. Karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat sebagai referensi di dunia pendidikan maupun pelaku ekonimi kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayat, D., Hafiar, H., & Anisti. (2019). Tofu Product Branding for Culinary Tourism of Sumedang, Indonesia. Komunikator, 11 (2).
Shehzad, U., Ahmad, S., Iqbal, K., Nawaz, M., & Usman, S. (2014). Infulence of Brand Name on Consumer Choice & Decision. 10SR Journal of Business and Management, 16 (6), 72-76. http://doi.org/10.9790/487x-16637276.
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12 (01), 59-70. http://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290.
Yunus, N. R., & Rezki., a. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7 (3). http://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.
DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1220
Article Metrics
Abstract Views : 217 | PDF Views : 254DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1220.g1034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 sevilia sujarwo indrias putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |