Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP 1 Cemerlang Sepatan Timur Kelas VII



Anggita Widya Pertiwi(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 1 Cemerlang Sepatan Timur kelas VII Tahun Pelajaran 2019-2020 dengan sampel sebanyak 40 siswa dan menggunakan metode survey. Dimana instrumen penelitian untuk kecerdasan interpersonal dengan angket sebanyak 30 soal, kecerdasan intrapersonal dengan angket 30 soal dengan tes uraian sebanyak 6 soal. Jika dilihat pada tabel nilai product moment dengan db=n-2 pada taraf signifikan 5% sebesar 0.320 dan taraf signifikan 1% sebesar 0.413. Jika dibandingkan dari ketiga rhitung dengan harga rtabel maka dapat diketahui harga rhitung lebih besar dari rtabel, dengan demikian baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% seluruh (tiga) hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika.

Keywords


Kecerdasan Interpersonal; Kecerdasan Intrapersonal; Hasil Belajar Siswa;

Full Text:

PDF

References


Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Deparfemen Pendidikan dan Kebudayaan. Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan bagi anak berkesulitan. Jakarta: Rineka Cipta. Alder, Harry. 2010. Boost yout Intellegence: Pacu EQ dan IQ anda. Terjemahan: Christina Prianingsih. Jakarta: Erlangga. Amri, Sofar. 2013. Peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar & menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka. Asfandiyar, Y. A. 2008. Kenapa guru harus kreatif. Bandung: PT. Mizar Pustaka. Chasih, M. dan Said, A. 2012. Sekolah anak – anak jika bebasis kecerdasan jarak dan pendidikan berkeadilan. Jakarta: Rineka Cipta. Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelegensi; Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu. Jakarta: Daras. Ginaanjar, A. 2012. Emosional spiritual quartier. Jakarta: Penerbit Arga. Hamalik, Omar. 2002. Psikologis Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesirdo. Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Deparfemen Pendidikan dan Kebudayaan. Lestari, Indah. 2013. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terahadap hasil belajar matematika. Jurnal formatif 3(2) 115 – 125. Lwin, M. 2008. How to multiply your child’s Intellegency. Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. Indonesia: Macanan Jaya Cemerlang. Maliki, P. S. 2009. Manajaemen hidup. Yogyakarta: To Succes Kertajaya. Mubidiyah. 2006. Kecerdasan dan kesehatan emosional anak Referensi penting bagi para pendidik dan orang tua. Jakarta: Pustaka Al – Kautsar. Nana, Sudjara. 2004. Psikologi pendidikan. Jakata: Rineka Cipta. Nuh, M. 2008. Konsep kecerdasan manjemuk. Http://www.talentcoach.co.id Safari. 2005. Intrapersonal Intellensi: Metode pengembangan kecerdasan Intrapersonal anak. Yogyakarta: Amara. Siregar, E. dan Hartini, N. 2007. Teori belajar & pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo. Suherdi, Huri. 2013. Penerapan model pembelajaran konsepsi berbasis penemuan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal formatif 3(3). 177 – 183. Sukmadinata. 2009. Landasan psikologis proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarga. Supardi, U. S. 2013. Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari integrasi tes formatif. Uraian dan kecerdasan emosional. Jurnal formatif 3(2) 78 – 96. Supardi, U. S. 2013. Aplikasi statistik dalam penelitian. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta. Suwono, S. W. 2005. Pengantar psikologis umum. Jakarta: Rajawali Pers. Wahyudi, D. 2011. Pembelajaran IPS berbasis kecerdasan interpersonal, intrapersonal dan eksisteksional. Jakarta: Alfa Beta




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1043

Article Metrics

Abstract Views : 201 | PDF Views : 184


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1043.g1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggita Widya Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.