PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
Julia Bea Kurniawaty(1*),
(1) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar merupakan tujuan dalam penelitian ini sedangkan metode yang digunakan adalah pendekatan undang-undang, historis, dan konseptual. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan yaitu, primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan literature research. Pelaksanaan kegiatan penguatan nilai- nilai Pancasila mengalami beberapa kendala yang dapat mempengaruhi hasil dari kegiatan apabila tidak diatasi dengan serius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar menemui kendala yaitu adanya beberapa anak yang sulit dinasihati dan beberapa kebiasaan anak diluar sekolah yang kurang baik terbawa ke sekolah. Sekolah mengatasi kendala tersebut dengan terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada anak. untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila. Partisipasi sebagai warga sekolah dasar sangat berguna bagi keberhasilan program atau kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan kuatnya nilai Pancasila dalam kehidupan siswa. Upaya penguatan nilai-nilai Pancasila melalui partisipasi warga sekolah sangat berkaitan dengan perubahan sosial di lingkungan sekolah karena proses di dalamnya berkaitan dengan munculnya permasalahan sosial yang mengakibatkan melemahnya nilai-nilai Pancasila.
Full Text:
PDFReferences
----------------------. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.
Durrani, N., & Halai, A. (2018). Dynamics of gender justice, conflict and social cohesion: Analysing educational reforms in Pakistan. International Journal of Educational Development, 61(January), 27–39.
Goh, D. P., & Van der Veer, P. (2016). Introduction: The sacred and the urban in Asia. International Sociology, 31(4), 367–374
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.
Nana Sudjana dan Wari Suwariyah. (2010). Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Pachur, T., & Spaar, M. (2015). Domain- specific preferences for intuition and deliberation in decision making. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 4(3), 303–311.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Puspitasari, P., Djunaedi, S. A., & Putra, H. S.A. (2012). Ritual and space structure: Pilgrimage and space use in historical urban kampung context of Luar Batang (Jakarta, Indonesia). In ASEAN Conference on Environment-Behaviour Studies (Vol. 36, hal. 350–360). Bandung: Procedia - Social and Behavioral Sciences 36.
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra.
Sekretariat Jenderal MPR RI. (2012). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jakarta
Siswanto, F. Z. (2013). Hubungan antara kedisiplinan melaksanakan sholat wajib dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1)
Sulianti, Ani. 2018. Revitalisasi Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Life Skill. Citizenship jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6 (2), PP. 110-117. DOI: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship.
Walangadi, Hakop, Elmia Umar, Kian Palilati. (2020). Membentuk siswa sebagai global citizen melalui mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar” file:///C:/Users/USER/Downloads/402-998-1-PB.pdf diunduh pada 24 Oktpber 2020 jam 16:01.
Winataputra, Udin S. (2006). Konsep dan Strategi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah: Tinjauan Psiko-Pedagogis (Paper). Pamulang.
DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.986
Article Metrics
Abstract Views : 2841 | PDF Views : 11555Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.