Implementasi Pendidikan dan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Siswa (Survey pada SMK Swasta di Jakarta Selatan)



Diah Mutiara Sukmawati(1*), Julia Bea Kurniawaty(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menilai sejauh mana implementasi nilai-nilai Pancasila dan juga peran guru serta pihak sekolah dalam mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila terutama dalam pemberian materi kepada siswa di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi adalah siswa kelas X dan XI program studi Administrasi Perkantoran dengan besar sampel sebanyak 79 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu dua macam kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 43 untuk kuesioner pertama dan 26 butir pertanyaan untuk kuesioner kedua yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penghitungan data diperoleh kesimpulan sebagai berikut bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila oleh para siswa di SMK Al-Hidayah adalah termasuk kedalam kriteria cukup tinggi dengan hasil nilai rata-rata persentase sebesar 71,52% dan peran peserta didik dan pihak sekolah dalam mendukung penerapan materi nilai-nilai Pancasila di dalam kelas termasuk kedalam kriteria tinggi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 85,59%. Hasil penelitian ini berguna sebagai masukan bagi pihak sekolah dan guru dalam menentukan strategi yang tepat dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila serta membentuk karakter siswa agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Full Text:

PDF

References


Agustya, Zeva. 2017. Pengaruh respon siswa tentang proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 1 wonoayu kabupaten sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 5 (3)

Bafadal, I. 2005. In: Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Dimas Titis Wibisono. 2015. Pembelajaran Musik Untuk Anak Balita Di Sekolah Musik Indonesia (Smi) Semarang. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka

Fatimah, Yuli, Aris Riswandi Sanusi, Yogi Nugraha. (2019). Hambatan penanaman nilai-nilai pancasila dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah (osis) di smpn 4 klari. CIVICS, Vol 4. No. 2, p. 56-63

Ibrahim, R. Dan Nana, Syaodih S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kurniasari, Asrilia, Fitroh Setyo Putro Pribowo, Deni Adi Putra. 2020. Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (bdr) selama pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 6 (3)

Kustanti, Dewi. 2016. Kesulitan dan solusi pembelajaran english reading text. Jurnal al-Tsaqafa Vol. 13(1)

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nugraha, Muldiyana. 2018. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4 (1)

Rosma. (2017). Integrasi nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Keagamaan dalam Program Jam ke Nol. Palembang. Management. Vol 2. Hal 173-174.

Ruminiati. 2007. Modul Pendidikan Kewarganegaraan SD: Untuk Program S1 PJJ. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas R.I

Sakila. 2019. Metode resitasi (penugasan) dalam pembelajaran menemukan gagasan dari artikel dan buku melalui membaca ekstensif (Recitation Methods in Learning Find Ideas from Articles and Books Through Reading Extensions). Totobuang, Vol.7 (1)

Soenarjati dan Cholisin. 1994. Dasar dan Konsep Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Laboratorium PMP dan KN.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Undang-undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 BAB II Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyudin Nur Nasution. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. ITTIHAD Vol, 1(2)




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.963

Article Metrics

Abstract Views : 484 | PDF Views : 2133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.