MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA
Julia Bea Kurniawaty(1*), Santyo Widayatmo(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
nilai-nilai Pancasila dirasakan sudah mulai sulit ditemukan dalam kehidupan sehari hari, baik dalam masyarakat maupun pada siswa sekolah yang seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya. Untuk itulah diperlukan gerakan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum, metode pengajaran sehingga nilai-nilai Pancasila akan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian desktiptif dengan menganalisa dan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masyakarat dan memberikan solusi berdasarkan referensi yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah perlunya membumikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam dunia pendidikan dengan cara mengadakan profil pelajar Pancasila, memasukkan materi pendidikan moral Pancasila di setiap jenjang pendidikan dan menghidupkan kembali program penataran P4 dengan wajah baru dan selera generasi milenial.
Full Text:
PDFReferences
Adriel, Justinus. (2018). Penerapan Pancasila di Kehidupan Masyarakat. Kompasiana, 2 Desember 2018, diunduh 9 Maret 2020 21.25 Angganing, Paradika, Inky Yuliana. (2019). Penanaman nilai-Nilai pancasila di sekolah dasar oleh guru kelas. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol. 3, p. 585-589 Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Depdikbud. (1980). Pendidikan Moral Pancasila untuk SLTP kelas 1. Jakarta: Depdikbud. Fanani, Ahmad Fuad. (2013). Fenomena Radikalisme di Kalangan Kaum Muda. Jurnal Maarif, Vol. 8(1) Henney. (2016). Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat. GuruPPKN.com, 29 November 2016, diunduh 9 Maret 2020 21.35 Hidayat, Nur. (2015). Peran dan tantangan pendidikan agama islam di era global. El-Tarbawi, 8(2) , 131–45 https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2 Himawati, Ika Pasca. (2019). Peran media sosial sebagai sarana sosialisasi nilai luhur pancasila sebagai identitas bangsa. Hegemoni Media Di Masa New Normal, p. 79-95 http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila https://megapolitan.kompas.com/read/2020/05/15/08193321/fakta-remaja-pembunuh-balita dalam-lemari-jadi-korban-pelecehan-seksual?page=all Khosiah, Nur. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila peserta didik di madrasah ibtidaiyah mambail falah tongas– probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman Vol. 6 (1), p. 84-100 Kosasih, I. (2016). Peran Media Sosial Facebook dan Twitter dalam Membangun Komunikasi (Persepsi dan Motifasi Masyarakat jejaring Sosial Dalam Pergaulan). Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Matius Alfons. (2019). Kasus Intoleransi di Indonesia, Mayoritas Pelarangan Ibadah, 17 November 2019. diunduh 9 Maret 2020 21.43 MPR RI. (2015). Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta : Sekertariat MPR RI Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066 Sastrapetedja, M .(2006). “Pancasila sebagai Orientasi Pembangunan Bangsa dan Pengembangan Etika Ilmu Pengetahuan” . Proseding Simposium dan Sarasehan Pancasila sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Bangsa, tanggal 14-15 Agustus 2006 di Yogyakarta. Sudjana, Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Cetakan ke tiga. Bandung: Sinar Baru Algesindo Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA Tim Warta Wantimpres. (2016). Penguatan Pancasila Di Kalangan Generasi Muda. Artikel. http://wantimpres.go.id/?p=1071&lang=id Wahyono, Imron. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila ’ S Values in Learning Activities in Sdn 1’.
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.807
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.