DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENERAPAN AHLAK DAN ETIKA BAGI MAHASISWA MILENIAL
Nini Adelia Tanamal(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang awalnya bertujuan meringankan pekerjaan manusia, justru menimbulkan keresahan dan rasa takut, khususnya bagi mahasiswa milenial. Teknologi yang mempermudah tugas harian dapat memicu rasa kesepian dan menurunnya solidaritas serta kebersamaan. Akhlak dan etika tergerus karena kemajuan teknologi yang sering membuat penggunanya acuh tak acuh terhadap sekitar. Alat-alat elektronik seperti telepon, televisi, dan komputer, membuat penggunanya terpikat sehingga mengabaikan lingkungan sekitarnya. Kondisi ini berdampak pada hubungan antar manusia yang tidak harmonis karena masing-masing sibuk dengan gadgetnya. Hal ini penting bagi mahasiswa milenial untuk memahami pengaruh teknologi terhadap akhlak dan etika dalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan studi kasus terhadap 82 mahasiswa kelas Akhlak dan Etika di Universitas Indraprasta PGRI. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memiliki dampak signifikan terhadap penerapan akhlak dan etika dalam lingkup religiositas mahasiswa, dengan nilai korelasi sebesar 0,730 yang menunjukkan tingkat korelasi tinggi dan kontribusi sebesar 53,2%. Semakin baik religiositas mahasiswa, akhlak dan etika mereka cenderung lebih baik meskipun di tengah kemajuan teknologi modern.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiawan, A. R. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap. IAIN Parepare.
Ana Rizki, S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa Mi Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 (pp. 1–84). UIN Walisongo.
Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 2(2), 1–11.
Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).
Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi.
Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual:EQ (Emotional, Spiritual dan Quotient). Jakarta: Penerbit Agra
Benny, Prasetiya; Sofyan, R. (2017). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 1(2), 15–33.
Benny Prasetiya, S. R. (2018). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15–33.
Hidayah, U. (2018). Rekonstruksi evaluasi pendidikan moral. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.
Humyana, Y. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Akhlak Siswa di Sekolah SMPN 2 Waringinkurung. UIN SMH BANTEN.
Jannah, M. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri Tempel (MAN 5) Sleman Yogyakarta.
Jalaludin. 2012. Psikologi Religiusitas: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kasetyaningsih, S. W., & Hartono, H. (2017). Dampak Sosial Media Terhadap Akhlaq Remaja. DutaCom, 13(1), 1–10.
Khoerunnisa, P. (2019). Intensitas penggunaan media sosial pengaruhnya terhadap akhlak peserta didik di sekolah: penelitian di Kelas X SMA 3 PGRI Kota Bandung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Muhammad Dzikron Fadhlurrohman, Y. I. (2019). Kecerdasan Spiritual Pada Pengguna Dan Pengedar Narkoba Di Lapas Kedungpane Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 93–98.
Polri. (2007). Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Tahun 2007; 2008 Dan 2009.
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad, 9950(December), 249–267.
Vaughan, F. (2002). What is Spiritual Intelligence? Journal of Humanistic Psychology, 42(16). https://doi.org/10.1177/0022167802422003
Goleman, Daniel. 2001. Working With Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Goleman, Daniel. 2004. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka
Goleman, Daniel. 2005. Emotional Intelegence (Mengapa EI lebih penting dari pada IQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Khan,Inayat 2002. Kehidupan Spiritual, terj.Imron Rosjadi Yogyakarta: Pustaka Sufi
Margono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Munthoha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Pendidikan Akhlak Remaja bagi Keluarga Kelas Menengah Perkotaan. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 241. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1153
Shaleh, Abdul Rahman. 2006. Pendidikan Religiusitas dan Pengembangan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shapiro. 2003. Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak. Jakarta: PT. Pustaka Utama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Insiasi Press
Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Tahaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551
Ummah, N. K., & Khuriyah, K. (2021). Hubungan antara Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 117–127.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa
Umiarso, dan Wahad. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zohar, Danar dan Ian Marshall 2007. SQ;Spiritual Intelligence-The Ultimate intelligence. Jakarta: PT. Op.Cit
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.3001
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nini Adelia Tanamal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.