Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Keluarga: Studi Literatur



Maghfirota Auriza(1*), Nur Cholimah(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan moral merupakan aspek fundamental dalam perkembangan anak usia dini, sebab pada usia tersebut menjadi tahap krusial anak dalam membentuk landasan moralnya. Pemberian pendidikan moral pada anak juga bermaksud untuk memberikan pengajaran baik dan menghindarkan anak dari hal-hal yang kurang baik. Untuk memberikan pendidikan moral yang optimal, maka diperlukan bantuan orang tua selaku lingkungan belajar pertama dan utama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritik pentingnya orang tua dalam memberikan pendidikan moral pada anak dalam keluarga. Metode penelitian menggunakan literature review dengan proses membaca, mengidentifikasi, menganalisis, dan menarik kesimpulan melalui literatur-literatur berbatas jurnal yang sesuai. Hasil dari studi literatur yang ditemukan adalah perilaku moral anak tercermin melalui pengasuhan yang diberikan orang tua. Adapun hasil pendidikan moral yang diberikan orang tua dapat membantu anak untuk menghadapi tantangan zaman dan memiliki fondasi dalam berperilaku. Bentuk-bentuk model pendidikan yang dapat dilakukan orang tua untuk mengembangkan moral anak yaitu pembiasaan, pemberian contoh, memberi nasehat, memberi hukuman, bercerita, bermain, mengingatkan, mengawasi, memberikan afeksi, dan menciptakan keamanan.


Keywords


pendidikan moral; anak usia dini, peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Santrock, J. W. (2011). Moral Development. In Child development: An introduction (pp. 364–390). Mac Graw Hill.

Abroto, A., Nugraheni, A. S., & Awliyah, R. F. (2022). The role of the family in the moral education of children. Jurnal Basicedu, 6(2), 2717–2723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2507

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainnah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Ali, M., Riyanti, R., & Khomsiyatun, U. (2022). Pendidikan moral anak usia dini berbasis kearifan lokal dalam keluarga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2287–2295. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2020

Amalia, D., Ahmad, A., & Maisarah, M. (2019). Perkembangan nilai agama dan moral anak dalam keluarga broken home. Suloh: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 15–21. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/view/15330

Auriza, M., Pudyaningtyas, A. R., & Fitrianingtyas, A. (2023). The role of parents in developing 5-6 years children’s self-control. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies (IJECES), 12(1), 58–67. https://doi.org/10.15294/ijeces.v12i1.60134

Cholimah, N., Tjiptasari, F., & Purwandari, S. (2023). Metode pengenalan nilai moral pada anak usia dini dalam kurun waktu 20 tahun di keluarga indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3025–3038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4505

Dewi, I. K., & Rakimahwati, R. (2021). Penanaman nilai moral pada anak usia dini oleh orang tua dalam keluarga di Jorong Koto Alam. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1232

Dwi, S., Munadhiroh, S., Pebrian, A., & Candra, R. (2023). Peran orang tua dalam edukasi moral anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 22–26. https://jibp.anpjournal.com/index.php/jibp/article/view/1

Fitriana, D., Sari, M. N., Aprillia, T., & Wahyuni, W. (2024). Challenges of early childhood moral education in the family based on the al-quran perspective in the era of society 5.0. Proceeding International Conference on Religion, Science, and Education, 385–391. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1259

Hardiyana, A., Afiani, W. F., & Fajria, N. R. (2022). Efektivitas pendidikan anak di lingkungan keluarga dalam pembentukan moral anak usia dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 27–42. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26277

Harti, S. D. (2023). Keteladanan orang tua dalam mengembangkan moralitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Meinanti, D. R., & Nadia, N. N. (2023). Peran orangtua dalam menanamkan nilai-nilai moral anak usia dini kelompok b di Kober Al-Fauziah. Jurnal Sauyunan, 1(1), 1–10. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/sauyunan/article/view/549

Mukarromah, A. (2022). Pendidikan dan moral pada anak usia dini. Journal of Science and Education Research, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.3

Pertamawati, T., Marhumah, M., Munasti, K., Hasanah, U., Anggita, I. S., & Sa’diyah, L. I. (2023). Analisis pendidikan moral anak usia dini dalam keluarga jawa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6107–6114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3682

Rahiem, M. D. H. (2023). Orang tua dan regulasi emosi anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.441

Watulingas, F. (2022). Analisis deskriptif polah asuh orang tua terhadap perkembangan moralitas anak usia dini. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial, Dan Budaya, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.53827/lz.v5i1.49

Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan keteladanan orang tua dengan perkembangan nilai moral anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180–3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330

Yalçın, V. (2021). Moral development in early childhood: Benevolence and responsibility in the context of children’s perceptions and reflections. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 16(4), 140–163. https://doi.org/10.29329/epasr.2021.383.8




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.2948

Article Metrics

Abstract Views : 155 | PDF Views : 334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maghfirota Auriza, Nur Cholimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.