PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN



Iis Dewi Lestari(1), Fibria anggraini Puji Lestari(2*),

(1) universitas indraprasta pgri
(2) universitas indraprasta pgri
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan mahasiswa pada mata kuliah Kewarganegaraan, hal ini berdasarkan perilaku mahasiswa saat pembelajaran di prodi Teknik Informatika Unindra banyak yang mengantuk, sibuk dengan telepon genggamnya, bercanda dengan teman dan kurangnya memperhatikan pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Berdasarkan dari permasalahan tersebut  maka perlu adanya metode yang menarik dalam pembelajaran Mata Kuliah Kewarganegaraan yaitu penggunaan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas metode sosiodrama pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 2) untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Sosiodrama.  Metoda penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif kualitatif. Teknik analsis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data dan  penarikan kesimpulan.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) Metode sosiodrama dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah kewarganegaraan  , 2) Penggunaan metode sosiodrama dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran selain mata kuliah Kewarganegaraan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, 3) Melalui metode sosiodrama, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan memahami materi dalam pembelajaran.

 


Keywords


Kreativitas, Metode, Sosiodrama, Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018a). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533 Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018b). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5, 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533 I Nyoman Bagiastra, I. K. (2016). Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Hukum Universitas Udayana. Lasiyo, Reno Wikandaru, H. (2016). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. In Modul (pp. 1–19). Maria Ulfa dan Saifuddin. (2017). Terampil memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Suhuf, 30(No 1), 35–56. Mulinda, R., Afiati, E., Conia, P,D, C. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41. Noervadila, I., Surur, M., Anam, S. (2023). Implementasi Model Sosiodrama Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. De Journal (Dharmas Education Journal ), 4(2), 427–436. Yanti, R,P., Yeni., Yuliana, S. (2018). Pengembangan Metode Sosiodrama Pada Mata Kuliah Sosiologi. Jurnal Basicedu Universitas Pahlawan, 2(114).




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.2865

Article Metrics

Abstract Views : 48 | PDF Views : 44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fibria anggraini Puji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.