PENINGKATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DAN BERKEADILAN: JEJAK KERJASAMA INDONESIA-UNESCO
Agista agista(1*),
(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Peningkatan Pendidikan Inklusif dan Berkeadilan di Indonesia sebagai hasil kerjasama hubungan internasional dengan UNESCO. Rumusan masalah yang diangkat dalam artikel ini yaitu 1) Bagaimana sejarah hubungan Indonesia dengan UNESCO dari waktu ke waktu?. 2) Bagaimana mekanisme kerjasama antara UNESCO dan Indonesia dalam pengembangan kurikulum pendidikan?. 3) Apa saja program atau proyek konkret yang telah dilakukan dalam kerjasama ini dan bagaimana dampaknya terhadap pendidikan di Indonesia?. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka atau Library research. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan yang merata dan inklusif di Indonesia sebagai hasil dari adanya hubungan internasional dengan UNESCO. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam mencapai tujuan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dilakukan melalui penerapan Program Guru Mandiri yang terfokus pada pengembangan kurikulum, keterampilan guru, dan srtategi pendekatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Seperti dijelaskan oleh World History Association . (2017).
(2019). https://kwriu.kemdikbud.go.id/rekam-jejak/khusus/bidang-pendidikan/. Kantor Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO.
The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2022, Desember 09).
Abd. Qadir Muslim, I. Gede Suci Sedana, M. Rizki Pratama. (2021, Oktober). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI JEPANG, FINLANDIA, CHINA DAN INDONESIA DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya UNIVERSITAS HINDU DARMA NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR, 6, 170-186.
Valderrama, F. (1995). (T. o. penyunting, Ed.) 33.
Frederico Mayor (1995: vii). (n.d.).
Herawati, N. I. (2016). PENDIDIKAN INKLUSIF :TELAAH KRITIS TENTANG PENDIDIKAN YANG BERKEADILAN. In P. O. EDUCATION, & F. A. Yunus Abidin (Ed.), Primary Foundation in Strengthening Pedagogy Development in Indonesia Future Generation (pp. 221-224). Bandung, Bandung, Jl. Raya Cibiru: UPI Kampus Cibiru.
Kartika Puspandari, Y. S. (2023, Januari-Juni). TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH REPUBLIKA, 11, 305-315.
Mazrieva, E. (2023, Juli 05). Tiga Arsip Bersejarah Indonesia Jadi “Memory of the World” UNESCO .
Pratiwi, F. S. (2023, Agustus 03). Data 9 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia. (D. Bayu, Ed.)
Simangunsong, F. (n.d.). PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MILENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGs) DI KABUPATEN ASMAT. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 196-289.
Valderrama, F. (1995). (T. o. penyunting, Ed.) 25.
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.2806
Article Metrics
Abstract Views : 358
|
PDF Views : 254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agista agista

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



