TRANSFORMASI PENATARAN P4 MASA ORDE BARU KE DALAM KURIKULUM MERDEKA: TINJAUAN TERHADAP IMPLEMENTASI P5 DALAM PENDIDIKAN NASIONAL
Agista agista(1*),
(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Penataran P4 Masa Orde Baru tahun 1966-1998 dan implementasinya dalam kurikulum Merdeka ditinjau dari pelaksanaan P5 pada sistem Pendidikan Nasional Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Latar belakang yang mempengaruhi terjadinya masa Orde Baru. 2) Hal yang mempengaruhi terwujudnya penataran P4 pada masa Orde Baru. 3). Penyusunan dan Implementasi Penataran P4. 4) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam perwujudan P5 dalam pendidikan Nasional Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis teknik pengumpulan data studi pustaka atau library research. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan dari penataran P4 masa Ode Baru yang di impelemntasikan ke dalam Kurikulum Merdeka dengan adanya P5 pada pendidikan Nasional Indonesia saat ini. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan P4 masa Orde baru yang dikemukakan oleh Letnan Jenderal Soeharto bertujuan untuk melakukan penyeragaman pemikiran bangsa Indonesia melalui Ideologi Pancasila sebab pancasila telah menjadi konsensus nasional yang diharapkan dapat menjadi bagian dari sistem kepribadian, budaya dan sistem soail masyarakat Indonesia. Kemudian, dalam pendidikan Nasional Indonesia yang melaksanakan Kurikulum Merdeka di implementasikan kembali P5 dengan tujuan untuk menciptakan generasi yang memiliki pemahaman kuat mengenai nilai-nilai Pancasila, memiliki sikap toleransi, menghormati perbedaan, berpikir kritis, dan berperan aktif dalam membangun masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bartolomeus Samho, S. M. (2010). KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN TANTANGAN-TANTANGAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA DEWASA INI. Lembaga penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas katolik Parahyangan, 1-74.
Barus, K. (2020, Juni 02). Rindu P4! Inilah Butir-Butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang Ramai di Viral.
Fathurrahman, T. S. (2023, Mei). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, LP3 UNNES, 2, 121-128.
Hakim, L. (2023, Marte 09). Mengenal P5 dalam Kurikulum Merdeka dan Contoh Penerapannya.
Kurniawaty, J. B. (2021, Desember). MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jagaddhita: Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1, 16-24.
Penulis : Khoirurrijal, F. S. (2022). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA. (R. A. Zulya Rachma Bahar, Ed.) Malang, Jawa Timur: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Ratnasari, D. (2018, Juli). PENATARAN P-4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) BAGI MASYARAKAT DI KELURAHAN SAWUNGGALING KOTAMADYA SURABAYA 1981-1996. AVATARA : e-journal Pendidikan Sejarah, 6, 234-242.
Suryadi. (2021, Januari-Juni 01). NASIONALISME DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Mubtadiin, 7.
Syahrul Hamdi, C. T. (2022). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF PEDAGOGIK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7, 10-17.
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i1.2281
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Agista agista

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.