PERMASALAHAN TRISENTRA PENDIDIKAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA JELANG ERA TEKNOLOGI 5.0
Julia Bea Kurniawaty(1*), Santyo Widayatmo(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi. (1991). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta
Amato, P. R. (2000). The consequences of divorce for adults and children. Journal of Marriage and Family, 62(4), 1269-1287.
Amornsawadwatana, S. (2018). "Developing Mobile Application for Kids Learning Programming." Procedia Computer Science, 127, 318-327.
Bowen, J. R. (2003). Sumatran Politics and Poetics: Gayo History, 1900-1989. Yale University Press.
De Marez, L., & Van Looy, J. (2020). From Generation X to Generation Z: A Critical Review of Demographic and Sociocultural Factors that Influence Media Use and its Consequences for Children and Adolescents. Telematics and Informatics, 50, 101381.
Depdiknas. (2007). Trisentra Pendidikan: Buku Petunjuk Pengembangan Profesionalisme Guru, Siswa Aktif, dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Deslandes, R., & Bertrand, R. (2005). The Contribution of the Family-School Partnership to Student Success. International Electronic Journal for Leadership in Learning, 9(15).
Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Westview Press.
Gronlund, N. E. (2003). Assessment of Student Achievement. Allyn & Bacon.
Han, X., Li, X., & Yang, X. (2018). "The Role of Gamification in Crowdsourcing-Based New Product Development." Journal of Product Innovation Management, 35(3), 408-425.
Harmanto, Gatot. (2008). Sejarah Bilingual untuk SMA/MA Kelas X Semester 1 dan 2. Bandung: Yrama Widya
Hasbullah, 2003, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
Ihsan, Fuad H. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M. A. (2004). Toward a Theory of Family Communication. Communication Theory, 14(4), 395-417.
Kompas.com. (2020, 4 Juni). Hoaks Pancasila Dihapuskan Terus Beredar, Begini Faktanya. Diakses pada 3 Juni 2023, dari https://nasional.kompas.com/read/2020/06/04/17465751/hoaks-pancasila-dihapuskan-terus-beredar-begini-faktanya
Kuncoro, A. (2020). Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan patriotisme generasi muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 119-129.
Langeveld, MJ. (1980). Beknopste Theoritische Paedagogik, (terj.Simanjuntak). Bandung: Jemmars
Mappiare, I. (2017). Pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam upaya membangun kerukunan sosial. Jurnal Politik Profetik, 6(2), 179-198.
Ondawame, R. (2017). The Papuan Separatist Movement: Challenges for the Indonesian Government and National Unity. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 36(2), 91-111.
Palacios, J., & Rivero, J. (2019). Family in the Era of Technological 5.0: Communication Patterns and their Impact on Parenting and Education. Frontiers in Psychology, 10, 2762.
Purwanti, Y. D., & Rahardjo, T. (2021). Developing a Character Education Model in the Digital Era 5.0: A Case Study of Indonesia. International Journal of Instruction, 14(1), 1099-1120.
Purwanto, A. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya penguatan implementasi Trisentra pendidikan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 133-142.
Putri, M. R., & Kusuma, H. E. (2018). Peran lingkungan sosial dalam pembentukan karakter remaja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), 160-168.
Ratnawati, A., & Yani, D. (2019). Kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam perspektif hak asasi manusia. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 11(1), 13-24.
Redya Mudyahardjo. (2011). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rizal, S. (2017). Peran masyarakat dalam Trisentra pendidikan. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 153-168.
Rusilowati, A., & Kristiawan, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Sejarah pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPS (SNPIP), 1(1), 275-282.
Saefullah, D. (2017). Pendidikan Pancasila untuk pencegahan radikalisme di kalangan generasi muda. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 141-154.
Santrock, J. W. (2016). Life-Span Development (16th ed.). McGraw-Hill Education.
Siregar, R. (2020). Pendidikan hak asasi manusia dalam memperkuat karakter generasi muda. Jurnal Pendidikan Hak Asasi Manusia, 3(1), 49-61
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet
Suryawati, I., & Manik, N. K. (2017). Kekerasan terhadap perempuan: Fenomena, penyebab, dan upaya penanganan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 6(2), 99-108.
Suyitno, I., & Nurhadi. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Kurikulum 2013 dalam Mewujudkan Karakter Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (SNPK), 1(1), 124-131.
Undang-Undang Pendidikan No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
UNESCO. (2020). "Preparing for the Future of Work: National Education Responses to the Industry 4.0 Transformation." International Bureau of Education (IBE) Perspectives, 12.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2020). Global Education Monitoring Report 2020: Inclusion and Education: All means all. UNESCO Publishing.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2019). Gender Review: Creating sustainable futures for all. UNESCO Publishing.
Wahid, A. (2001). Addressing sectarian conflict in Indonesia: Is there a role for civil society? Journal of International Affairs, 55(2), 469-490.
Wicaksono, S. A., & Suyanto, M. (2019). Pengaruh media sosial terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial, 18(1), 72-85.
Winahyuningsih, S., & Wahyuningsih, W. (2021). Konsumerisme pada anak sebagai ancaman terhadap karakter religius dan nilai-nilai Pancasila. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 149-162.
Yanuar, A., & Murniati, C. (2018). Pendidikan karakter dalam memperkuat identitas nasional berbasis nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 25-36.
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i2.1881
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Julia Bea Kurniawaty, Santyo Widayatmo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.