RENDAHNYA PENERAPAN SILA KE-2 PANCASILA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK



Alissa Isni Silviani Sutadi(1*), Mohammad Mufid Fadillah Irsan(2), Mohammad Syafa Aulia(3), Nadila Az-Zahra(4), Susanti Susanti(5), Dadi Mulyadi Nugraha(6),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK: Perkembangan teknologi saat ini telah berhasil menciptakan berbagai media sosial baru, termasuk TikTok yang kini tengah populer di berbagai kalangan masyarakat. Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri bagi para penggunanya melalui video berdurasi terbatas. Namun, kebebasan itu memunculkan kekhawatiran terkait adanya konten yang tidak sesuai dengan penerapan nilai-nilai Pancasila, terutama Sila ke-2 yang dapat berdampak negatif terhadap pengguna lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan ini penting untuk ditangani dengan serius oleh pemerintah. Kebijakan itu berupa pemblokiran aplikasi tiktok atau mendorong aplikasi tiktok supaya dapat menyaring konten yang dapat berdampak negatif bagi pengguna.

ABSTRACT: The development of technology has successfully created various new social media platforms, including TikTok, which is currently popular among various segments of society. This application provides freedom of expression for its users through short videos. However, this freedom raises concerns regarding inappropriate content that goes against the implementation of Pancasila values, especially the second Sila, which can have negative impacts on other users. The results of this study indicate that this issue needs to be addressed seriously by the government. The policy could be in the form of blocking the TikTok application or encouraging TikTok to filter content that could have a negative impact on its users.


Keywords


Media Sosial, Tiktok, Pancasila, Nilai Pancasila, Konten TikTok.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Anwar, A., & Munir, R. (2018). Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Bangsa dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 35-50.

Asmara, A., & Kusumawati, R. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Pendidikan Karakter Bangsa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 1-9.

Fitriyani, R., & Fajriyah, S. (2021). Implikasi Rendahnya Penerapan Sila Ke-2 Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 84-91.

Ghias Syifaun Nisa. (2023, Januari 15). Pengaruh Tiktok Terhadap Nilai-nilai Pancasila [Video]. YouTube. https://youtu.be/m3AWAChhMJA

Handayani, E., & Rohmatulloh, R. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial di Era Digital. Jurnal Sosioteknologi, 19(2), 174-182.

Haryati, D. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 9(2), 65-72.

Hidayatullah, R., & Mulyadi, R. (2019). Urgensi Implementasi Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 1- 11.

Jaya, S., & Abidin, Z. (2020). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial di Era Digital. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 257-264.

Julianto, I. R. (2023). Potensi Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Berintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Metamorfosa, 11(1), 71-82.

Nurhasanah, R. (2021). Penerapan Sila Ke-2 Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Pelajar SMA. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 25(1), 47-57.

Priyatno, B. (2021). Implikasi Rendahnya Penerapan Sila Ke-2 Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 10(1), 63-73.

Riyanto, S. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial TikTok terhadap Perilaku Anak Remaja di Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 15-22.

Setyorini, L. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Karakter Siswa dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Studi Pemuda, 10(1), 1-13.

Setyorini, L., & Nurhayati, N. (2020). Penggunaan Media Sosial TikTok dan Implikasinya pada Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 125-134.

Surya, R. (2018). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial oleh Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 123-132.

Wahyudi, D. (2018, July 8). Jurus Blokir Meredam Tik Tok. Indotelko. https://www.indotelko.com/read/1531 034893/jurus-blokir-meredam-tik-tok

Wibowo, A., & Syafrudin, M. (2020). Fenomena TikTok dan Implikasinya terhadap Kehidupan Sosial. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 9(2), 94-101.

Wibowo, A., & Syafrudin, M. (2019). Pengaruh Rendahnya Penerapan Sila Ke-2 Pancasila dalam Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(1), 23-33.




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i2.1770

Article Metrics

Abstract Views : 1377 | PDF Views : 3688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alissa Isni Silviani Sutadi, Mohammad Mufid Fadillah Irsan, Mohammad Syafa Aulia, Nadila Az-Zahra, Susanti Susanti, Dadi Mulyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.