IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI KEGIATAN WISATA BHINNEKA PADA MAHASISWA
Rosida Rosida(1), Myta Widyastuti(2*), Julia Bea Kurniawaty(3), Santyo Widayatmo(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(4) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Perguruan tinggi yang dibentuk dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan mencetak kader-kader generasi pimpinan bangsa, tentu diharapkan juga mampu memberikan muatan kurikulum yang menekankan pada Pancasila. UNINDRA Jakarta, sebagai salah satu Perguruan Tinggi dibawah Pembinaan Kementrian LLDIKTI III memiliki komitmen untuk mewujudkan kampus bela Negara, dengan memberikan muatan lokal wisata kebinekaan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Tujuan dari penelitian ini untuk mengajak mahasiswa berjiwa nasionalis bahwa Indonesia kaya akan budaya sekaligus mewujudkan aplikasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan di kampus. Dari 100 mahasiswa yang mengikuti Wisata Kebhinekaan yang dilaksanakan melalui metode survei. Hasil penelitian menujukkan, 60 persen mahasiswa yang sudah memahami tentang perbedaan agama, suku dan adat istiadat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andang. (2014). Kebijakan Kurikulum Reorientasi Pendidikan Nasional Melalui Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. UMM Press Malang. Kaelan (2013). Negara Kebangsaan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma Latif, Yudi. (2001). Wawasan Pancasila, Bintang Penuntun Untuk Pembudayaan, Jakarta; Penerbit Mizan Anggota IKAPI Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung. Tilaar, HAR. (2002). Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Isrososiawan, Safroni. (2013). Peran Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, Edisi ix, April 2013 Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Nurwardani, Paristiyani, dkk. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan Tinggi. Jakarta: Dektorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Gunaryadi. (2012). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Jakarta Winarno (2007). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan.cet.1. Jakarta: Bumi Aksara. Gunawan, Muhammad Ali. (2010). Pengantar Kependidikan. Bahan ajar Pengantar Kependidikan program studi Pendidikan Matematika FKIP-UNIKAL Arafat, Yasser. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Vol. 1(2), hal. 111-122 Notonagoro, (1967). Beberapa hal mengenai Falsafah Pancasila. Pacuran Tujuh: Jakarta Khosiah, Nur. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas–Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6(1), hal. 84-100 Internet: http://bukittingginews.com/2010/10/makalah-dasar-dan-tujuan-pendidikan/ https://m.liputan6.com/lifestyle/read/2256751/6-tempat-ibadah-paling-bersejarah-di-kota-jakarta http://travel.tempo.co/read/1084406/sehari-mengunjungi-5-tempat-ibadah-bersejarah-di-jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1508
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rosida Rosida, Myta Widyastuti, Julia Bea Kurniawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.