PENERAPAN NILAI PANCASILA PADA UJIAN MATA KULIAH PERANCANGAN SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MAHASISWA



Bambang Perkasa Alam(1*), Rahayu Permana(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pancasila sebagai dasar negara seharusnya tidak hanya sebagai semboyan semata namun harus dapat dirasakan manfaatnya. Pancasila ini, selain harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat, juga harus diterapkan pada fasilitas pelayanan bermasyarakat, contohnya adalah bangunan. Pada perancangan bangunan seharusnya sudah diterapkan nilai-nilai Pancasila dengan harapan bangunan dapat digunakan dengan lebih nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui pengamatan terhadap ujian perancangan pada mata kuliah perancangan pada mahasiswa arsitektur. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa hanya 21 peserta yang menerapkan nilai-nilai Pancasila walau tidak semuanya sedangkan 9 orang lainnya tidak menerapkannya sama sekali. Hal ini disebabkan karena sebagian peserta belum memahami bagaimana menerapkan nilai-nilai Pancasila kedalam rancang bangun.

Keywords


bangunan, implementasi, nilai, pancasila, perancangan, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF PDF

References


Agus Mulyanto. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Asnawati. (2004). Fungsi Sosial Rumah Ibadah dari Berbagai Agama dalam Perspektif Kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Keagamaan, Departemen Agama RI

Ayura F. D. (2020). Nilai-nilai Pancasila. Tugas Makalah. Jakarta: Universitas Y.A.I Persada,

Budimansyah, Dasim. (2013). Pembinaan Karakter Generasi Muda. Bandung: Dua Usaha Muda.

Cahyandi, Nanis Hairunisya, Nafik Umurul Hadi. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila sila ke 2 pelajaran ppkn smk pgri 3 tulungagung. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1(6), hal. 1087-1094

Christopher, Alexander. (1983). Komponen Fisik yang Tepat dari Sebuah Struktur Fisik. Design Methods : Amerika Serikat

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Grand Design Pendidikan Karakter, Arah serta Tahapan dan Prioritas Pendidikan KarakterBangsa Tahun 2010-2025

Emillia. (2020). Penguatan sila ketiga pancasila sebagai solusi untuk menghadapi penyebarluasan kontent berunsur (sara) di media sosial. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 7(1), hal. 1-10

Endy M. (2007). Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: cv. Andi Offset.

Hadi, Sutrisno. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://doi.org/10.14710/jmasif.1.1.72

Husen, A. et.all. (2010). Model Pendidikan Karakter. Jakarta: UNJ.

Laning D.V dan Wismulyani E. (2009). Masyarakat: Sendi Dasar Kehidupan Berbangsa. Surabaya: PT. Jepe Press Media Utama.

Lestari, Puji Lestari, Sunarto, Hadi Cahyono. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila pada sila kelima dalam pembelajaran. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 7(2), hal. 130-144

Link https://pug-pupr.pu.go.id › Permen PU-No 30-2006 diunduh tanggal 7 Agustus 2022

Mohammad H. (2015). Politik, Keuangan, Ekonomi (1922-1977). Jakarta: Kompas, hal.

Nurani, Cut, M.T, Iwan Sudrajat. (2010). Metoda Perancangan Arsitektur. Bandung: Karya Putra Darwati.

Nuwarsih, Ni Wayan. (2017). Korelasi kebutuhan fungsi terhadap proses dan program perancangan arsitektur. Jurnal Arsitektur, Volume 5 (2), hal. 19-26

Octavia, Erna, Anwar Rube’i. (2019). Implementasi sila ke empat berlandaskan pancasila pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, hal. 149-164

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Education Psychology Developing Learners. (terj. Wahyu Indianti). Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat no. 30/PRT/M/2006, tentang Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Permen PU RI Nomor 30 tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Poerwandari, E. Ktisti. (2017). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Jakarta: LPSP3 UI

Risky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Ronto. (2012). Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Jakarta: PT. Balai Pustaka (persero).

Stevevany, Richard. (2018). Perencanaan Dan Perancangan Studio Foto Bernuansa Oriental Dan Modern Di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2018 – Universitas Widya Kartika.

Wardiningsih, Sitti. (2015). Arsitektur nusantara mempengaruhi bentuk bangunan yang berkembang di indonesia. SCALE, Vol. 2(2) hal. 274-283

Widananto, Kartiko Ardhi, Bambang Sudarsono, Arwan Putra Wijaya. (2016). Analisis persebaran tempat ibadah dan kapasitasnya berdasarkan jumlah penduduk berbasis sig (studi kasus 5 kecamatan di kota semarang). Jurnal Geodesi Undip, Vol 5 (3), hal. 11-16

Widodo, A. P. (2010). Enterprise Architecture Model untuk Aplikasi Government. JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA, vol. 1, no. 1, pp. 23-30

Winarni, Sri, Hamka. (2019). Penerapan unsur arsitektur nusantara pada karya desain arsitek yu-sing. PAWON: Jurnal Arsitektur, Vol. 3(1), hal, 25-34

Tilaar, H.A.R, (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang no. 8 tahun 2016, tentang Disabilitas, link https://www.kemenkopmk.go.id

Peraturan Pemerintah no. 36 tahun 2005, tentang Bangunan Gedung, Link http://ciptakarya.pu.go.id diunduh tanggal 7 Agustus 2022

Undang-undang no. 6 2017, tentang Arsitek. Link https://sipuu.sekab.go.id .diunduh tanggal 7 Agustus 2022

Undang-undang Cipta Kerja no. 11 tahun 2020. Link https:// peraturan.bpk.go.id, diunduh tanggal 7 Agustus 2022

Peraturan Pemerintah no. 6 tahun 2021, tentang Bangunan Gedung. Link

https://jdih.pu.go.id › diunduh tanggal 8 agustus 2022




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1502

Article Metrics

Abstract Views : 343 | PDF Views : 202 | PDF Views : 183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bambang Perkasa Alam, Rahayu Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.