PENGARUH STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN HUKUM SISWA TINGKAT MENENGAH SEKOLAH DIAN HARAPAN JAKARTA



Shinta D.R. Tambunan(1*),

(1) Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kriminalitas yang trejadi akibat rendahnya kesadaran hukum menjadi tantangan tersendiri dalam kehidupan bermasyarajat, berbangsa dan bernegara. Upaya yang dilakukan pemerintah diantaranya dengan memberikan pendidikan hukum di bangku sekolah yaitu melalui studi Pendidikan Kewarganegaraan, yang dianggap memiliki andil dalam pembentukan nilai-nilai kebajikan sipil dan diharapkan berdampak signifikan terhadap penurunan angka kriminalitas. Oleh karen itu, peneltian ini dibuat dengan tujuan untuk melihat pengaruh studi Pendidikan Kewarganegaraan terhadap kesadaran hukum pelajar kelas XI di SMA Dian Harapan dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner yang harus diisi oleh siswa setelah mereka menerima materi pembelajaran mengenai hukum yaitu dalam BAB pembelajaran mengenai Sistem Hukum dan Peradilan Nasional, serta Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila.  Data yang diperoleh dari kuesioner diolah menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, korelasi dan uji mean. Diperoleh pengaruh  sebesar 2.93  dari  skala  5  yang artinya penerapan studi Pendidikan Kewarganegaraan cukup efektif dalam memberikan pengaruh pada kesadaran hukum siswa. Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa data yang diperoleh kurang memadai apabila ingin digunakan untuk mengukur seberapa tinggi rata-rata tingkat pengaruhnya. maka bagi penulis dan  peneliti  berikutnya,  penelitian  ini  perlu dikembangkan lebih dalam lagi agar peneliti berikutnya bisa mendapatkan perbandingan mengenai seberapa tingginya tingkat pengaruh studi Pendidikan Kewarganegaraan terhadap kesadaran hukum siswa khususnya peserta didik di tingkat sekolah menengah.


Keywords


kriminalitas; pendidikan kewarganegaraan; kesadaran hukum; sikap hukum; perilaku hukum;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bela, G. (2012). Kesadaran Hukum Pengendara Sepeda Motor Dalam Berlalu Lintas (Studi Kasus Pengendara Sepeda Motor di Kota Cimahi). Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Budimansyah, D dan Suryadi, K. (2007). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Daniel, E. dan Wasriah, N. (2009). Metode Penelitian Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium PKn Universitas Pendidikan Indonesia.

Helmut K. Anheier, Stefan Toepler (2009). International Encyclopedia of Civil Society. Springer New York.

Hidayat, W. Y. (2014). Undang-Undang Lalu Lintas dan Aplikasinya. Jakarta. Dunia Cerdas.

James A. Banks Wiley . (2006). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives.

Maftuh, B. dan Sapriya. (2005). Pembelajaran PKn melalui Pemetaan Konsep. Jurnal Civicus: Implementasi KBK dalam PKn berbasis Konteks.

Mertokusumo, S. (1986). Mengenal Hukum (suatu pengantar). Yogyakarta: Liberty.

Poerwadarminta. (1987). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Print, M., & Coleman, D. (2003). Towards Understanding of Social Capital and Citizenship Education. Cambridge Journal of Education, 33(1), 123–149. https://doi.org/10.1080/03057640320000 47522

Rahmat, dkk. (2009). Pembelajaran Pendiidkan PKn. Bandung: Laboratorium Pendidika Kewarganegaraan UPI.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Richard M. Lerner, Willis F. Overton, Peter C. M. Molenaar Wiley. (2015). Handbook of Child Psychology and Developmental Science, Theory and Method.

Rob Gilbert, Libby Tudball, Peter Brett. (2019). Teaching Humanities & Social Sciences. Australia: Cengage Learning pages: 386.

Sanna Jarvela. (2011). Social and Emotional Aspects of Learning. Elsevier Science.

Sukmawati, D. M. dan Kurniawaty, J. B. (2022). Implementasi Pendidikan dan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Siswa (Survey pada SMK Swasta di Jakarta Selatan). Jurnal Jagaddhita. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i1.1491

Article Metrics

Abstract Views : 396 | PDF Views : 177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shinta D.R. Tambunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.