PENDIDIKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA ISLAM HARAPAN IBU JAKARTA



Kartono Kartono(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pendidikan karakter Pelajar Pancasila melalui mata pelajaran Pancasila , (2) faktor pendukung dan penghambat, dan (3) solusi terhadap faktor penghambat implementasi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data interaktif yaitu meliputi reduksi data , sajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: (1) Implementasi pendidikan karakter Pelajar Pancasila melalui mata pelajaran Pancasila telah dilaksanakan dengan baik melalui tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, (2) Faktor pendukung adalah sarana prasana pendukung, budaya sekolah dan kepemimpinan sedangkan faktor penghambat adalah pengetahuan guru dan dukungan orang tua masih perlu peningkatan, 3) solusi: Menerapkan budaya sekolah dalam penguatan pendidikan karakter seperti budaya disiplin, 5S, Jum’at berbagi, Sholat wajib berjamaah dan sholat Dhuha.


Full Text:

PDF

References


Jihad, Asep, Muchlas Rawi, dan Noer Komarudin. 2010. Pendidikan karakter: teori dan apikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pendidikan Sekolah Dasar. (2020) Profil pelajar pancasila.Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.

Hendraman. (2017). Pendidikan karakter era milenial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2020). Pendidikan karakter wujudkan pelajar pancasila.

Https://M.Antaranews.Com/Berita/1824776/Mendikbud-Pendidikan-Karakter- Wujudkan-Pelajar-Pancasila.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. JRKPF UAD, 5(1), 53–62.

Lidinillah, D., Mulyana, E., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. Journal of Physics, 1–7

Permendikbud No.20 Tahun 2018. Tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal. Jakarta: Tidak Dipublikasikan

Putri, oviani Achmad. 2011. ‘Penanaman nilai-nilai pendidikaKarakter melalui mata pelajaran sosiologi’. Dalam Jurnal Komunitas Vol. 3 No. 2 Hal. 205-215.

Ramdani, Zuhud dan Zamroni. 2014. ‘Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur’. Dalam Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Mei 2014, Vol. 11, No. 1 104-117.

Rasyid, Hanung. 2016. ‘Implementasi pndidikan karakter dalam pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah’. Dalam Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Juni 2016. Vol.

No. 1 ISSN 18295797. Hal 3-90.

Rokhman, Fathur, Ahmad Syaifudin, dan Yuliati. 2017. ‘Character building for golden generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years)’. Dalam Procedia- Social and Behavioral Sciences Vol. 141

Hal. 1161-1165.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II, 191–199.

Utomo, Eko Prasetyo. 2016. ‘Internalisasi nilai- nilai karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro’. Dalam Jurnal Metafora, Volume 2, Nomor 2, April 2016. Hal. 91104.

Zakkiyah, Made Yudana, Nengah Bawa Atmadja. 2015. ‘Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS untuk pengamalan nilai moral siswa’




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1290

Article Metrics

Abstract Views : 387 | PDF Views : 410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.