Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Buku Komik dengan Kemampuan Mengarang Siswa Kelas X SMK PGRI 16 Jakarta Timur



Maman Paturahman(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Menyadari pentingnya aspek menulis sebagai bagian dari keterampilan berbahasa, juga kebutuhan kita karena kehidupan manusia kini tidak lepas dari dunia cetak, tulis, dan baca tentu tidak menjadikan kita serta merta terampil. Keterampilan menulis memerlukan proses latihan yang konsisten, pembelajaran mengarang pun terkesan diabaikan. Faktor penyebabnya tentu beragam, antara lain kompetensi guru – tanpa mengecilkan arti seorang guru – dan kondisi kelas. Fakta di lapangan, yakni di SMK PGRI 16 Jakarta Timur, pemberian penugasan (resitasi) membaca buku-buku sastra selalu diberikan kepada para siswa salah satunya adalah penugasan membaca dan melaporkan isi cerita pada buku komik. Namun, sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami isi buku komik tersebut? Kemudian sejauh mana pengaruh kemampuan memahami isi buku komik tersebut terhadap kemampuan mengarang siswa?

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1201

Article Metrics

Abstract Views : 128 | PDF Views : 148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.