IMPLEMENTASI ETIKA MAHASISWA DI DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN



Enny Nurcahyawati(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Moralitas merupakan standar baik dan buruknya individu dan masyarakat. Keberhasilan pendidikan terhadap etika mampu menjadikan seorang individu lebih baik. Tujuan artikel ini adalah mampu memberikan gambaran terhadap penanaman nilai-nilal moral pada mahasiswa yang diperoleh pada matakuliah PKn serta mampu menemukan definisi etika, pendidikan moral dan pendidikan moral. Metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan model literature review / dokumen, berisikan teori yang berkaiatan kepada persoalan penelitian ini. Kesimpulan pada artikel ini bagaimana membangun moral mahasiswa yang bukan hanya pada matakuliah yang lain tetapi juga didalam matakuliah PKn yang mempunyai peran penting dalam membangun moral mahasiswa

Kata Kunci: Etika, Pendidikan kewarganegaraan


Full Text:

PDF

References


Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifyanti, F., & Nurgiansah, T. (2021). Anti-corruption education as an effort to form students with character humanist and law-compliant. Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 18 No.1, 70-81. doi:DOI. 10.21831/jc.v18i1.38432

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). PENGEMBANGAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 5 No. 2 Desember 2021, 476-482. Retrieved Mei 24, 2022 from https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1772

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam. Retrieved Mei 19, 2022

Nurgiansah, H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol. 9 No. 1, 33-41. doi:https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424

Ouska, W. (1997). Pengertian Pendidikan Moral. Jakarta: PT Gramedia. Retrieved Mei 19, 2022

Rachman, F., Nurgiansyah, H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 5 Tahun 2021 , 2971-2983. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1052

Suseno, F. M. (1987). Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius. Retrieved Mei 19, 2022




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1060

Article Metrics

Abstract Views : 640 | PDF Views : 1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.