Penerapan Media Jengga Balok dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jurug



Hening Lilo Sayekti(1*), Sukartono Sukartono(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan pembelajaran menggunakan media yang menarik tentu dapat mendukung peningkatan motivasi siswa untuk belajar sehingga suasana belajar menjadi tidak monoton terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu inovasi yang telah diterapkan adalah penggunaan media interaktif, seperti Jengga Balok, yang dirancang untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan penerapan media Jengga Balok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) mendeskripsikan penerapan media Jengga Balok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan media Jengga Balok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dan 4) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi faktor penghambat media Jengga Balok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Desain penelitian ini adalah studi kasus dengan melibatkan informan yaitu 1 kepala sekolah, 1 orang guru, dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurug. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Upaya uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data primer dan sekunder melalui hasil penelitian terdahulu berupa karya tulis yang sesuai dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media Jengga Balok sebagai sarana pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Jurug terlaksana dengan baik dan juga maksimal digunakan. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pengajaran yang lebih menarik dan interaktif, serta mendukung guru dalam merancang strategi pengajaran yang lebih efektif. Selain itu, temuan penelitian ini dapat memberikan panduan bagi sekolah lain untuk mengintegrasikan media konkret ke dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.


Keywords


Kata Kunci: Penerapan; Media Jengga Balok; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Siswa Kelas 4

References


Afifah, Nur, Otang Kurniaman, and Eddy Noviana. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1.1 (2022): 33–42. Web.

Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4.4 (2022): 5573–5581. Web.

Anggi Putri Wahyuni, Audi Reyhan Anjani Purba, and Hamidah Farhani Rangkuti. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Anak Di MI Al-Hasanah Medan.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 2.2 (2023): 70–79. Web.

Assyakurrohim, Dimas et al. “Case Study Method in Qualitative Research.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer 3.01 (2022): 1–9. Print.

Astuti, Nike Tri. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Jenga Modifikasi Untuk Materi Ipa Macam-Macam Gaya Dan Pemanfaatannya Kelas Iv Sdn Lenteng Agung 03.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3.1 (2021): 83–95. Web.

Azizah, Wanda et al. “Pengembangan Media Permainan Smart Jenga Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Pembina Ampenan Tahun 2022.” Jurnal Jendela Pendidikan 2.03 (2022): 435–441. Web.

Chayani, Apriyani Dwi, and Putri Rachmadyanti. “Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Untuk Kelas Iv Sd.” Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar 08.02 (2020): 302–312. Web.

Dhaniswara, Betharia, and Herri Akhmad. “Penerapan Media Shuo Jenga Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 1 Sumbermanjing Malang.” Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 1 (2021): 36–43. Web.

Febriani, Retno Dwi, and Ulhaq Zuhdi. “Pengembangan Media Kartu Dan Jenga Pada Materi Huruf Kapital Peserta Didik Kelas V Upt Sd Negeri 179 Gresik.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 12.5 (2024): n. pag. Print.

Firdaus, Diana et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi.” Dialektika Pendidikan IPS 3.2 (2023): 118–127. Print.

Firmansyah, Asep, and Nahnu Robid Jiwandono. “Kecenderungan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning Dan Teacher Centre Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Guru Indonesia 2.1 (2022): 33–39. Web.

Fransisca, Della Putri, Naniek Kusumawati, and Maya Kartika Sari. “Analisis Penerapan Model Teams Games Tournament Disertai Media Permainan Jenga Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Patihan Kota Madiun.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2 (2020): 157–164. Web.

Habbah, Eka Sumbulatim Miatu, and Elvira Nathalia Husna. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Journal of Pedagogi 1.2 (2024): 1–8. Web.

Hafidhoh, Noor. “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6.01 (2021): 50–58. Web.

Junaidi, Junaidi. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan 3.1 (2019): 45–56. Web.

Luh, Ni et al. “ANALISIS PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT KEPADA PESERTA DIDIK DI SD INPRES 1 BALINGGI ( ANALIYSIS OF PROVIDING REWARD AND PUNISHMENT TO STUDENTS AT SD INPRES 1 BALINGGI ).” 2.2 (2024): 114–125. Web.

Marlianti, Evi, Suhardi Marli, and Siti Hadidhah. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Anak Menggunakan Media Audio Pada Siswa Kelas V Sd.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan 6.3 (2020): 215538. Web.

Mayasari, Annisa et al. “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 2.2 (2021): 173–179. Web.

Mubin, Minahul, and Sherif Juniar Aryanto. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3.03 (2024): 554–559. Web.

Nur Arsyah, Risma, Linda Zakiah, and M. Syarif Sumantri. “Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09.Volume 09 No. 2 Juni 2024 (2024): 426–439. Web.

Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5.5 (2020): 3(2), 524–532. Web.

Pahri, Arnia, Rosdiana, and A. Riawarda. “Pengembangan Permainan Jenga Edukatif Berbasis Keterampilan Dengan Tema ‘Pahlawanku’ Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3.2 (2024): 114–128. Web.

Pudjastawa, Astrid Wangasagirindra et al. “Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa ANAK TUNA RUNGU-WICARA.” 11.2 (2023): 128–145. Web.

Putu, Ni et al. “Permainan Tradisional Kancing Gumi Dalam Tinjauan Pendidikan Karakter ( Studi Kualitatif Pada Siswa SDN 1 Buahan , Tabanan Bali ).” 10.March (2020): 63–71. Web.

Rizal, Agung Asmaul et al. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 4 SD Negeri 01 Cibodas.” MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion 1.2 (2024): 793–800. Web.

Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2.1 (2021): 48–60. Web.

Safrudin, Rizal et al. “Penelitian Kualitatif.” Journal Of Social Science Research 3.2 (2023): 1–15. Print.

Sholekhah Nur Khasanah, Nana Hendracipta, Encep Andriana. “Engembangan Media Permainan Edukatif Jenga Pintar (Jetar) Tema Ekosistem Untuk Meningatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Sholekhah.” Jurnal penelirian & Artikel Pendidikan 15.02 (2023): 213–230. Print.

Sifaiyah, Khirjan Nahdi, and Mohzana Mohzana. “Pengembangan Bahan Ajar Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SDN 1 Setanggor Selatan.” Khatulistiwa 3.1 (2022): 17–32. Web.

Suci, Ratu et al. “Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya.” 4.2 (2024): 84–89. Print.

Sugyono, Prof. Dr. Memahami Penelitian Kualitatif C V. ALFABECT, X. N.p., 2014. Print.

Suwarti, Suwarti, Alfi Laila, and Erwin Putera Permana. “Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menentukan Pesan Dalam Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 7.2 (2020): 140–151. Web.

Syifa, Dina Ainis, and Parastuti. “Penggunaan Media Permainan Uno Stacko Untuk Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Level Dasar.” Journal of Japanese Language Education 4.1 (2020): 2–12. Print.

Triyani, Neni, Saeful Romdon, and Mekar Ismayani. “Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indinesia) 1.5 (2018): 713–720. Print.

Wahyuningsih, Nofi Tri, Ahmad Syawaluddin, and Muhammad Dahlan. “Penggunaan Media Konkret Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Pinisi Journal PGSD 1.November (2021): 809–820. Web.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v9i1.4086

Article Metrics

Abstract Views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.