Inovasi Pembelajaran Berbasis Technology-Based Learning dengan Multimedia Articulate Storyline pada Pembelajaran Bahasa Indonesia



Enik Handayani(1*),

(1) Universitas Muhammadyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan menimbulkan adanya inovasi baru yang dapat mengembangkan metode pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas metode pembelajaran berbasis Technology-Based Learning dengan Multimedia Articulate Storyline pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen untuk menguji keefektifan model pembelajaran. Tehnik analisis data dilakukan dengan  uji beda rata-rata. Uji normalitas data menggunakan shapiro wilk dan uji homogenitas. Uji beda rata-rata menggunakan independent t test sample, uji One Way Anova dan Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis teknologi dengan Articulate Storyline efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran berbasisTechnology-Based Learning dengan Multimedia Articulate Storyline dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: Articulate Storyline; Bahasa; Inovasi; Pembelajaran dan Teknologi


Full Text:

PDF

References


Amiroh. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Jakarta: Cipta. 2019. Print.

Darmawan, Deni. Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2016. Print.

Darnawati, et al. "Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline." Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.1 (2019): 8-16.

Handayani, Hindri. "Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn 4 Tapan Tahun Ajaran 2017/2018." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4.2 (2019): 249-258.

Leztiyani, Indirawati. "Optimalisasi penggunaan articulate storyline 3 dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia." Jurnal Pendidikan Indonesia 2.01 (2021): 24-35.

Melinda, Cicilia. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Negeri I Lubuk Alung." Edu Research 6.1 (2017): 177816.

Nurfajriani. "Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Laju Reaksi." Prosiding Seminar Nasional Kimia. 2021.

Pedaste, Margus, et al. "Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle." Educational research review 14 (2015): 47-61.

Pratama, Ryan Angga. "Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan." Jurnal Dimensi 7.1 (2018): 19-35.

Putri, Diana Nur Septiyawati, et al. "Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 2.2 (2022): 363-374.

Rahmawati, Lisa Dwi. "Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD." Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1.1 (2022): 1-4.

Rianto, Rianto. "Pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3." Indonesian Language Education and Literature 6.1 (2020): 84-92.

Rohani. Media Pembelajaran. Buku Diktat. Sumatra Utara: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. 2019.Web. 20 Oktober 2024

Saski, Nabilah Hamudiana, and Tri Sudarwanto. "Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran." Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9.1 (2021): 1118-1124.

Schijndel, Tessa J. Pvan et al. “Do individual differences in children’s curiosity relate to their inquiry-based learning?” International Journal of Science Education 40.9 (2018): 996-1015

Setyaningsih, Sri, Rusijono Rusijono, and Ari Wahyudi. "Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia." Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20.2 (2020): 144-156.

Suwartini, Erni Agustina. "Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan." Jurnal administrasi pendidikan 24.2 (2017): 62-70.

Teeuw. Sastra dan Ilmu Sastra PengantarTeori Sastra. Bandung: Dunia. Pustaka Jaya. 2017.

Tekege, Martinus. "Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire." Jurnal Teknologi Dan Rekayasa 2.1 (2017): 40-52.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i2.3468

Article Metrics

Abstract Views : 62 | PDF Views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.