Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Deskripsi di MTs Al-Khairiyah
Maria Fransisca(1*), Muhammad Esa Pratama(2), Muklash Abrar(3), Priyanto Priyanto(4), Rustam Rustam(5), Urip Sulistiyo(6),
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(6) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi, penerapan pendekatan saintifik dapat mempermudah peserta didik untuk memahami, menganalisis, serta menghasilkan teks deskripsi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis penerapan pendekatan saintifik pada materi teks deskripsi di MTS Al-Khairiyah. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran berupa mengamati, menanya, menalar, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi di MTS Al-Khairiyah pada tahap mengamati, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan telah berjalan dengan baik dan sesuai. Namun, pada tahap menalar peserta didik masih mengalami kesulitan. Rekomendasi penelitian ini secara lebih mendalam diperlukan untuk menilai efektivitas penggunaan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks deskripsi di MTs Al-Khairiyah, dengan tujuan memperkaya pemahaman peserta didik serta meningkatkan keterampilan berbahasa yang kritis dan analitis.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia; Teks Deskripsi; Pendekatan Saintifik
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. “Metode Penelitian Kualitatif”. Makassar:Syakir Media Pres, 2021.
Andriyani, Dini, Rochmat Tri Sudrajat, and Yusep Ahmadi. “Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Teks Deskripsi di SMPN 3 Maja”. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.2 (2020).
Auliya, Nur Hikmatul, et al. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu 2020.
Ghozali, Imam. “Pendekatan Saintific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pedagogik 4.1 (2017): 1-13.
Jamal, Sherlina, Syamsudduha Syamsudduha, and M. Taufik. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2018).
Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Muslihun, and Abdul Wachid “Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Saintifik”. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) 5.3 (2021).
Nababan, Pasma, Urip Sulistiyo, and Priyanto. “Media Animasi Sebagai Sarana Pembelajaran Teks Tanggapan untuk Siswa Kelas IX”. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8.1 (2024): 106-111.
Ningsih, Nur Mei. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 Berbasis Teks yang Berorientasi Pada Pendekatan Saintifik”. Jurnal Edukasi Lingua Sastra 15.2 (2017).
Nurfaidah, Siti Sholiha, et al. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas VI SD N 033 Asmi Kota Bandung”. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 5.2 (2019)
Nurfidah. 2019. “Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram”. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 3.1 (2019).
Rachmawan, Prasetya, Mohamad Jazeri, and Binti Maunah. “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD”. Jurnal Nusantara of Research 9.1 (2022).
Setiawan, Adib Rifqi. “Peningkatan Literasi Saintifik melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik”. JOBE: Journal of Biology Education 2.1 (2019)
Sirait, Irmalisa. “Analisis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Secanggang Tahun Pembelajaran 2018/2019”. ASAS: Jurnal Sastra 8.1 (2019).
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:CV Alfabeta, 2022.
Trikandi, Sonya, Imam Suwardi Wibowo, and Priyanto. “Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan MIKIR Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Muaro Jambi”. Jurnal Bindo Sastra 6.1 (2022).
Zed, Mestika. “Metode Penelitian Kepustakaan”. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i2.3430
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.