Pengembangan Media Flashcard Berbasis Karakter Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar



Sophi Tri Wahyuni(1*), Novanita Whindi Arini(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan tahapan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini yaitu menciptakan barang baru atau menyempurnakan barang yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan analisis kebutuhan, desain flashcard berbasis karakter benda, pengembangan konten dan interaktivitas, implementasi dalam konteks pembelajaran, serta evaluasi terhadap efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat keterlibatan siswa, pemahaman kata, dan motivasi belajar siswa. Sasaran utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Flashcard merupakan kartu bergambar yang memiliki desain dengan gambar, atau foto yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Ciri khas dari media flashcard ini yaitu sangat praktis dan mudah digunakan baik saat proses belajar mengajar maupun di luar pembelajaran. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan untuk mendapatkan data yaitu adanya sampling pre-test, post-test, validasi media, uji coba kecil hingga uji coba besar. Sehingga dalam penelitian ini mendapatkan data secara spesifik pada saat pre-test diperoleh hasil persentase sebesar 34,76%, setelah dilakukan uji coba kecil dan besar, persentasenya meningkat menjadi 70,76% pada tahap post-test, dan tahap validasi yang dilakukan ole para ahli mendapatkan hasil persentase sebanyak 98,22%, sehingga menunjukkan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan dan diimplikasikan kepada siswa.

Kata Kunci: Membaca, Flashcard, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Azahrah, Fauzia Ramadhanti, Rolly Afrinaldi, and Fahrudin Fahrudin. "Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli Secara Daring Pada SMA Kelas X Se-Kecamatan Majalaya." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7.4 (2021): 531-538.

Erica, Sukmawarti. "Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD." Ability: Journal of Education and Social Analysis (2021): 110-122.

Fahyuni, Eni Fariyatul, and Adi Bandono. "Pengembangan media cerita bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar." Halaqa 14.1 (2015): 75-89.

Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. "Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa." Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5.1 (2019).

Khasanah, Khasanah, and Rusman Rusman. "Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13.2 (2021): 1006-1016.

Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. "Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka." Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1.1 (2023): 39-48.

Nurdiyanti, Eko, and Edy Suryanto. "Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar." Paedagogia 13.2 (2010): 115-128.

Otemusu, Jouis. "Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 2 di Kelas I SDN Sonraen." Haumeni Journal of Education 1.2 (2021): 85-91.

Sulistiyowati, Eni. "Pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia." Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8.2 (2013).

Wangi, I. Dewa Ayu Nyoman Putri, and Anak Agung Gede Angung. "Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V." Mimbar PGSD Undiksha 9.1 (2021): 150-159.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i2.3015

Article Metrics

Abstract Views : 82 | PDF Views : 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.