Penerapan Model Think Pair Share dalam Pembelajaran Teks Eksposisi
Tiara Noprianti(1*), Rasdawita Rasdawita(2), Arum Gati Ningsih(3),
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model think pair share pada pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII A SMPN 22 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian kualitatif ini digunakan untuk meneliti kondisi secara ilmiah dengan terdiri dari empat tahapan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Tes, 4) Dokumentasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model think pair share pada pembelajaran teks eksposisi. Deskripsi dalam penelitian ini berpedoman pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru, serta pedoman pelaksanaan model pembelajaran think pair share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model think pair share dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 khususnya pada materi pembelajaran teks eksposisi di kelas VIII A SMPN 22 Kota Jambi telah terlaksana dengan baik dan sistematis sesuai dengan langkah-langkah dalam model pembelajaran think pair share, yaitu guru memberi waktu kepada siswa untuk membagi kelompok secara berpasangan dan berdiskusi, kemudian menyampaikan hasil diskusi masing-masing kelompok secara bergantian di depan kelas. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru hendaknya dalam pembelajaran materi teks eksposisi ataupun materi yang lainnya untuk dapat menggunakan model think pair share yang lebih cermat, baik dalam proses perencanaan maupun dalam pelaksanaannya sehingga dapat melahirkan kreatifitas bagi setiap siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teks Eksposisi, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
Agnal Rohmana. “Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 dengan Model Pembelajaran Think Pair Share”. Skripsi Univeritas Jambi, (2018).
Agustina, Agustina. “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Teks Resensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1.2 (2021): 316–327. Web.
Amalia, Lola. “Pembentukan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Metode Think Pair Share.” MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur 1.1 (2023): 12–17. Web.
Dwi Rusdina, Ariani, and Dini Restiyanti Pratiwi. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menggali Informasi Teks Eksposisi Berbantuan Learning Management System Bagi Siswa Kelas X SMA.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 4.1 (2021): 60–67. Web.
Hendri, Bunga Febrimora, Irawati Rahman, and Fifi Ardilla. “Penerapan Teknik Think Pair Share Berbasis Model PjBL Dapat Meningkatkan Pengetahuan dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pariaman terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Eksposisi.” JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 2.1 (2021): 11–17. Web.
Hikmah, Siti Nur Afifatul. “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi.” Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam 2.01 (2021): 59. Web.
Lasari, Vetty Norma, Anis Fuadah Z., and Rohmat Widiyanto. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.” Journal Elementary of Tarbiyah 1.1 (2021): 73–84. Web.
Mahulae, Putri Grace Sesilia et al. “Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Menulis Karangan Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMP Dharma Wanita Tahun Pelajaran 2022/2023.” Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan 2.2 (2023): 87–93. Web.
Nikmah, Koiri. “Peningkatan Hasil Belajar Memahami Teks Eksposisi Melalui Model Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Munjungan Kabupaten Trenggalek.” Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah 2.2 (2022): 412–417. Web.
Nugraha, Santi, Erna Megawati, and Azhari Ikhwati. “Pengembangan E-Modul Materi Teks Eksposisi Berbasis Flipbook Heyzine untuk Siswa Kelas X SMA Fajrul Islam.” Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7.2 (2023): 115–123. Web.
Rukmini, A. “Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn SD.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3.3 (2020): 2176–2181. Print.
Simbolon, Usdin. “Penerapan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 168060 Tebing Tinggi.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 8.4 (2018): 394–403. Web.
Warsa, I Komang. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Rendang Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan DEIKSIS 4.2 (2022): 40–50. Print.
DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i2.2866
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.