Efektivitas Bahan Ajar Bahasa Using Berbasis Digital untuk Meningkatkan Pembelajaran Muatan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar di Banyuwangi



Memmy Dwi Jayanti(1*), Siti Muharomah(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran bahasa daerah merupakan salah satu upaya pemertahanan bahasa. Bahasa Using sebagai pembelajaran daerah muatan lokal di Banyuwangi juga perlu dilakukan sebagai upaya mempertahankan bahasa daerah juga untuk memperkuat identitas lokal serta mewujudkan masyarakat yang berbudaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bahan ajar bahasa Using berbasis digital bagi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Using muatan lokal. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Model Banyuwangi yang masih aktif sampai saat ini dalam melaksanakan pembelajaran muatan lokal bahasa Using bagi siswa kelas 4, 5, dan 6. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam melakukan uji efektivitas bahan ajar, dilakukan dengan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t terhadap nilai pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar bahasa Using berbasis digital efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Using pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan data pretest yang dilakukan siswa dengan nilai rata-rata 65,00. Kemudian hasil posttest yang dilakukan setelah perlakukan dengan rata-rata nilai 78,33. Peningkatan yang signifikan berdasarkan pengujian Paired T-Test sama-sama diperoleh nilai signifikansi adalah 0.000 (p < 0.05). Hasil sebelum dan sesudah mengalami perubahan yang signifikan, yang artinya bahan ajar bahasa Using berbasis digital efektif digunakan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Using bagi siswa sekolah dasar Hal ini dapat diketahui dari hasil postest elemen berbicara bahwa siswa mampu menggunakan kosa kata dan pelafalan sesuai dengan tema yang diajarkan.

Kata Kunci: Efektivitas; Bahan Ajar Digital; Pembelajaran Bahasa Daerah


Full Text:

PDF

References


Ameriza, Inkha, and Nizwardi Jalinus. "Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital." Jurnal Edutech Undiksha 9.2 (2021): 181-186.

Bringman‐Rodenbarger, Lauren, and Michael Hortsch. "How students choose E‐learning resources: The importance of ease, familiarity, and convenience." Faseb Bioadvances 2.5 (2020): 286.

Jayanti, Memmy Dwi. "Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Using sebagai Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Karakter." Deiksis 14.2 (2022): 106-114.

Kier, Meredith Weaver, and Deena Khalil. "Exploring how digital technologies can support co-construction of equitable curricular resources in STEM." International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology 6.2 (2018): 105-121.

Madya, Suwarsih. Metodologi Pengajararan Bahasa. Dari Era Prametode Sampai Era Pascametode. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Meraji, Seyedeh Maryam, and Mustafa Zamanian. "Incorporation of L1 culture into second language materials development: Benefits vs. risks." Procedia-Social and Behavioral Sciences 98 (2014): 1128-1133.

Putra, Agung Dian, Dwi Yulianti, and Helmy Fitriawan. "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6.4 (2023): 2173-2177.

Richards, Jack C. Curriculum development in language teaching. Cambridge Cambridge University Press, 2001.

Sadjati, Ida Malati. Pengembangan Bahan Ajar: Hakikat Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka, 2012.

Sanlitürk, Arda Danistay, and Gülçin Zeybek. "The Effect of Using Digital Concept Cartoons in Science Lesson on Students' Achievement#." Journal of Science Learning 5.1 (2022): 1-13.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Bandung Alfabeta, 2010.

Tomlinson, Brian, ed. English language learning materials: A critical review. New York: Continuum, 2008.

Tyasari, Andrea Yurista, Anselmus JE Toenlioe, and Yerry Soepriyanto. " Kajian Deskripstif Penyelenggaraan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa using di SDN 1 Kertosari Banyuwangi." Edcomtech, 2.2 (2017): 175–178




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2756

Article Metrics

Abstract Views : 16 | PDF Views : 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.