Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Pelajaran Bahasa Indonesia



Jauza Zulfa Nafia(1*), Didah Nurhamidah(2),

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Seorang pengajar yang baik harus memilih media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon pengguna dari media yang peneliti buat, apakah media ini cocok diterapkan untuk pelajaran bahasa Indonesia, dan kekurangan serta kelebihan dari media yang peneliti buat, selain itu untuk mengetahui seberapa banyak orang yang sudah kenal dengan media Articulate Storyline. Objek penelitiannya adalah respon dari mahasiswa PBSI semester 5 UIN Jakarta terhadap media yang dibuat peneliti dengan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan Google Form dan dianalisis dengan rumus persentase P = (F/N) X 100%. Respon pengguna dari hasil kuesioner ditemukan bahwa semua responden setuju jika media ini cocok dan sesuai digunakan dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebanyak 55,45% menjawab setuju dan sisanya menjawab sangat setuju, tetapi menurut data banyak responden yang belum tahu mengenai media ini. Sebanyak 33,3% responden ingin menerapkan media articulate storyline sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, namun sisanya masih ragu-ragu. Artikel ini diharapkan supaya semakin banyak yang tahu dan menerapkan media Articulate Storyline sebagai media pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Pembelajaran Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Adisel, Adisel et al. “Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 5.1 (2022): 298-304. Web. 17 Juni 2024.

Ariani, Nurlina, et al. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022. Web. 15 Juni 2024.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2.1 (2021): 104-113. Web. 15 Juni 2024.

Hafiedz, Ridho, and Didah Nurhamidah. “Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia.” PENA LITERASI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 6.1 (2023): 54-64. Web. 23 Desember 2023.

Intiana, Siti Rohana Hariana. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Mataram: FKIP Universitas Mataram, 2014. Web. 16 Juni 2024.

Prawiyogi, Anggy Giri, et al. “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal BASICEDU 5.1 (2021): 446-452. Web. 23 Desember 2023.

Purba, Frikson Jony. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pengguna Google Classroom sebagai Media Pembelajaran.” JURNAL CURERE 4.2 (2020): 11-19. Web. 17 Juni 2024.

Rianto. “Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3.” Indonesian Language Education and Literature 6.1 (2020): 19-25. Web. 17 Juni 2024.

Samsiadi, and M. Nurul Humaidi. “Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim.” Research and Development Journal of Education 8.2 (2022): 666-673. Web. 15 Juni 2024.

Saskia, Reski Anna, Aulia Ajizah, and Ellyna Hafizah. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs.” Indonesian Journal of Science Education and Applied Science 2.2 (2022): 17-28. Web. 23 Desember 2023.

Setiawati, Sulis, Hilda Hilaliyah, and Merry Lapasau. “Teks Prosedur Pada Kemasan Produk Makanan Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7.2 (2023): 190–204. Web. 16 Juni 2024.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, CV, 2016. Web. 17 Juni 2024.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2017. Web. 23 Desember 2023.

Suyati. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin.” Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) 9.1 (2019): 58–65. Web. 15 Juni 2024

Utami, Yunita Setyo, and Wahyudi. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD.” JPRD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4.1 (2021): 62-71. Web. 23 Desember 2023.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2725

Article Metrics

Abstract Views : 41 | PDF Views : 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.