Tindak Tutur Ilokusi pada Cerpen Arti Persahabatan Karya Tafassahu



Lathifatus Saidah(1*), Sri Utami(2),

(1) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(2) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Karya sastra diciptakan untuk dinikmati oleh masyarakat oleh karna itu cerpen ini juga termasuk dalam karya sastra yang sering dinikmati oleh masyarakat maupun. Artikel ini berisi tentang analisis ilokusi pada cerpen Arti Persahabatan karya Tafassahu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data klasifikasi tindak tutur ilokusi terhadap cerpen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan tindak tutur ilokusi dalam cerpen Arti Persahabatan karya Tafassahu dan mengetahui data klasifikasi tindak tutur dalam cerpen Arti Persahabatan karya Tafassahu.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang didapat berasal dari cerpen Arti Persahabatan karya Tafassahu.  Penelitian ini memfokuskan pada klasifikasi tindak tutur ilokusi pada sebuah cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 data yang diantaranya ialah tindak tutur ilokusi deklaratif, tindak tutur ilokusi direktif, tindak tutur ekspresif, tindak tutur representatif, dan tindak tutur komisif.

Kata Kunci: Tindak Tutur; Ilokusi; Cerpen


Full Text:

PDF

References


Alfansyur, Andarusni, and Mariyani Mariyani. "Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial." Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5.2 (2020): 146-150.

Ansasmito. "Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA." Jurnal Pendidikan Edutama (2020).

Ariyadi, Ade Dufadhol, Mahatma Krishna HP, and Asep Purwo Yudi Utomo. "Analisis Tindak Tutur Ilokusi Film Pendek “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini The Series Eps 01” Pada Kanal Youtube Toyotaindonesia." Sarasvati 3.2 (2021): 215-227.

Aulia, Tyas Nur, and Masduki Asbari. "Bahaya Digital Fatigue pada Kesehatan Mental: Analisis Singkat Perspektif Rhenald Kasali." Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan 1.01 (2023): 30-33.

Bajari, Atwar. Metode Penelitian Komunikasi. simbiosa rekatama media, 2015.

Fitriah, Farrah, and Siti Sarah Fitriani. "Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya RH Fitriadi." Master Bahasa 5.1 (2017): 51-62.

Maharani, Annisa Tetty, and Asep Purwo Yudi Utomo. "Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Akun Twitter Fiersa Besari." Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 6.1 (2020): 86-101.

Noviyanti, Dewi, et al. "Meningkatan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang." Proceedings Universitas Pamulang 1.2 (2020).

Rahmasari, Lana, and Asep Purwo Yudi Utomo. "Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Vlog Jangan Lupa Senyum Part 1 di Kanal Youtube Fiersa Besari." ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia 4.1 (2021): 1-16.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2494

Article Metrics

Abstract Views : 83 | PDF Views : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.