Tokoh dan Penokohan dalam Naskah Drama Panembahan Reso dan Pengejaran



Maria Fransisca(1*), Irma Suryani(2), Oky Akbar(3), Ade Bayu Saputra(4),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan yang terdapat pada naskah drama Panembahan Reso (PR) dan naskah drama Pengejaran (Pn). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan objektif. Penelitian ini berfokus pada kajian atau analisis tokoh dan penokohan dengan menggunakan teori penokohan Burhan Nurgiyantoro. Data penelitian ini berupa lakuan tokoh yang tertulis dalam bentuk dialog tokoh atau ungkapan tokoh lain. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI yang di dalamnya terdapat naskah drama. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik membaca intensif, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model alir yang terdiri dari tiga langkah yakni reduksi data, display data atau penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat delapan tokoh protagonis dan dua tokoh antagonis yang didasarkan pada karakter setiap tokoh. Simpulan penelitian menjelaskan bahwa tokoh protagonis adalah pemain dalam drama yang sifatnya selalu positif sehingga memberikan dampak baik bagi pembaca naskah drama maupun penonton drama sedangkan tokoh antagonis adalah pemain dalam drama yang memiliki sifat negatif yang menimbulkan konflik baik fisik maupun batin dan baik langsung maupun tidak langsung. Tokoh protagonis maupun tokoh antagonis dilukiskan secara dramatik oleh pengarang. Rekomendasi hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, guru dapat menerapkan hasil penelitian ini dalam pembelajaran materi drama di sekolah khususnya dari segi tokoh dan penokohan kepada peserta didik. Kedua, peserta didik dapat memahami tokoh dan penokohan naskah drama serta mampu mendemonstrasikan naskah drama yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah. Ketiga, bagi peneliti selanjutnya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya yang relevan dengan penelitian ini.

Kata Kunci: Tokoh; Penokohan; Naskah Drama


Full Text:

PDF

References


Akbar, Oky, Dewi Yusra, and Larlen Larlen. "Makna simbolik tokoh reptil dalam naskah drama republik reptil karya radhar panca dahana." Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra 23.2 (2022): 101-114.

Endraswara, Suwardi. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: PT Buku Seru, 2011.

Hajar, Ibnu, Kasih Kristina Waruwu, and Kristiawan Indriyanto. "Karakter Perempuan dalam Novel Penari dari Serdang Karya Yudhistira Andi Noegraha Massardi." Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7.1 (2023): 44-51.

Hasanuddin, WS. Drama dalam Karya Sastra Dua Dimensi. Bandung: Angkasa, 1996.

Indrawan, Novia, Ika Mustika, and Heri Isnaini. "Analisi Tokoh dan Penokohan Pada Drama Rt Nol Rw Nol Karya Iwan Simatupang." Parole: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.6 (2020): 939-949.

Iswandinata. “Analisis Tokoh dan Penokohan Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata”. Universitas Jambi, 2017.

Iswanto. “Tokoh dan Penokohan dalam Naskah Mega-Mega Karya Arifin C Noer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Universitas Pancasakti, Tegal, 2020.

Kosasih, Engkos. Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga, 2019.

Kusumawati, Khusna. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Kartu Gambar dengan Metode Picture and Picture”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4.1 (2016).

Miles, Matthew, Huberman Michael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS), 1992.

Ningsih, Gustia Dian, “Penokohan Cerpen Pilihan Kompas 2021 Keluarga Kudus Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SMP”. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia 12.1 (2023): 61-76.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.

Sugiyono, Sutopo. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung, 2016.

Suherli, Suryaman Maman, Septiaji Aji, dan Istiqomah. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.

Tarigan, Henri Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2010.

Waluyo, Herman J. Drama: Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya Cetakan 1. Surakarta: LPP, UNS Press, 2006.

Wiyanto. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo, 2002.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2478

Article Metrics

Abstract Views : 63 | PDF Views : 54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.