Aspek Bahasa pada Anak Usia 1 Tahun 11 Bulan (Sebuah Studi Kasus)
Difa Aprilia(1*), Uliana Hidayatika(2), Dona Aji Karunia Putra(3),
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek bahasa pada anak berusia 1 tahun 11 bulan melalui pendekatan Psikolinguistik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik simak dan catat. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 1 tahun 11 bulan berjenis kelamin laki-laki dan berinisial R. Data dalam penelitian berupa tuturan yang diproduksi oleh subjek R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek R memiliki aspek bahasa yang luar biasa meskipun usianya belum mencapai 2 tahun. Subjek R telah berhasil menguasai aspek-aspek penting dalam berbahasa yaitu fonologi, morfologi, sintaksis, dan bilingualisme. Dalam aspek fonologi, subjek R sudah mampu mengucapkan fonem konsonan dan vokal, meskipun masih terdapat pelafalan yang belum sesuai. Dalam aspek morfologi, subjek R telah mampu menghasilkan kata-kata melalui proses reduplikasi, menuturkan kata-kata monomorfemis, dan polimorfemis. Secara sintaksis, Subjek R mampu menyusun kalimat minor, kalimat interogatif, dan kalimat deklaratif. Selanjutnya, ditemukan fenomena bilingualisme pada aspek bahasa Subjek R. Dapat ditarik simpulan bahwa aspek bahasa anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang mendukung, sehingga anak dapat menerima stimulus dengan baik. Penelitian ini berimplikasi pada kehidupan sehari-hari mengenai stimulus yang baik dan tepat akan menghasilkan respons yang baik dan tepat pula pada aspek bahasa anak.
Kata Kunci: Aspek Bahasa; Studi Kasus; Anak; Psikolinguistik
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Mutiara C. "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 8 Bulan Dalam Tataran Sintaksis." Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.1 (2020): 42-49. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.329-336. Google Scholar. Web. 16 November 2023.
Ardhyantama, Vit and Chusna Apriyanti. Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta: Stiletto Indie Book, 2020. iPusnas. Web. 12 Desember 2023.
Harras, Kholid A., and Andika Dutha Bachari. Harras. Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI Press, 2021. iPusnas. Web. 13 November 2023.
Chaer, A. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Print.
Chaer, A. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta, 2015. Print.
Dewi, Hernalia. C. "Language Acquisition of English Vocabulary on 5 Years Old Child Through Social Media YouTube." Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5.1 (2021): 38–44. https://doi.org/10.30998/jh.v5i1.588. Google Scholar. Web. 16 November 2023.
Diastuti, Indah M. "Pemerolehan Bahasa Anak Usia 1,5 Tahun." Jurnal Pendidikan Tambusai 3.4 (2019): 872–878. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.292. Google Scholar. Web. 16 November 2023.
Gusriani, Atika and Zherry Putria Y. Psikolinguistik (Teori dan Analisis). Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka, 2022. Google Book. Web. 14 November 2023.
Jayanti, Memmy D. "Sounds and Pronunciation (Children’s First Language Acquisition Model in the Pragmatic Process." Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3.1 (2019): 30–36. https://doi.org/10.30998/jh.v3i1.86. Google Scholar. Web. 5 Juni 2024.
Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013. Print.
Mahsun. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers, 2017. Google Book. Web. 13 November 2023.
Muslish, Masnur. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2018. Print.
Setiawan, B. Bilingualisme pada Anak Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2023. Google Book. Web. 12 Desember 2023.
Sudarwati, Emy, Widya Caterine P., and Nia Budiana. Pengatar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Malang Press, 2017. iPusnas. Web. 15 November 2023.
Susanti, Susi, et al. "Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 1 Tahun 6 Bulan Dari Segi Sintaksis." Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1.5 (2018): 889–896. https://doi.org/10.22460/p.v1i6p889-896.1582. Google Scholar. Web. 16 November 2023.
Tarigan, H. G. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa, 2021. iPusnas. Web. 14 November 2023.
Unsiah, Frida and Ria Yuliati. Pengantar Ilmu Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2018. Google Book. Web. 12 Desember 2023.
Yulianto, Bambang and Anas Ahmadi. Perkembangan Awal Bahasa Anak Studi Psikolinguistik. Gresik: Graniti, 2020. Google Book. Web. 12 Desember 2023.
DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2436
Article Metrics
Abstract Views : 171 | PDF Views : 87Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.