Pengembangan Web Edukasi Kompetensi Membaca Berbasis Ensiklopedia bagi Mahasiswa BIPA Tingkat Madya



Hermanto Hermanto(1), Thesia Anggraini Agustin(2), Riswanda Himawan(3*),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya bahan ajar digital yang kreatif pada proses belajar mengajar terutama pada materi pariwisata. Berdampak pada kurangnya motivasi pemelajar dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk mengatasi persoalan tersebut perlu pengembangan bahan ajar digital. Salah satunya dengan mengembangkan web edukasi berbasis ensiklopedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Selaras dengan jenisnya, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan web edukasi membaca bagi mahasiswa BIPA tingkat madya. Setelah dilakukan pengembangan produk. Tahapan yang digunakan untuk mengetahui kelayakan web edukasi yaitu  melakukan uji kelayakan kepada ahli dan respons mahasiswa. Observasi, wawancara, dan angket digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Deskriptif kuantitatif merupakan analisis datanya. Penelitian ini dilakukan pada pemelajar BIPA tingkat madya Universitas Ahmad Dahlan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil analisis kebutuhan menujukkan bahwa saat ini diperlukan adanya pengembangan web pada kelas membaca mahasiswa BIPA; (2) Hasil kelayakan ahli materi memperoleh skor 84,12% dengan kriteria “baik sekali”. Ahli media 90% dengan kriteria “baik sekali”. Hasil penelitian dari validasi ahli pengajaran tahap pertama 72,58% dengan kriteria “baik”. Hasil penelitian dari validasi ahli pengajaran tahap kedua 86,7% dengan kategori “baik sekali”. Hasil uji coba kelompok kecil 88,75% dengan kategori “baik sekali”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahwa web edukasi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran membaca bagi mahasiswa BIPA tingkat madya.

Kata Kunci: Pengembangan; Bahan Ajar; WEB; BIPA


Full Text:

PDF

References


Ahyani, Fahmi. & Iis Suwartini. “Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Teks Eksposisi Kelas VIII SMPN 1 Sewon.” JS (Jurnal Sekolah), 4.4 (2020): 63-69.

Guswanti, Mulia, and Rengga Satria. "Problematika pembelajaran dalam problematika pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman." An-Nuha 1.2 (2021): 167-176.

Hidayat, Giat, Hermanto Hermanto, and Riswanda Himawan. "Pengembangan media pembelajaran Canva materi teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP." Kode: Jurnal Bahasa 11.3 (2022): 74-85.

Himawan, Riswanda, and Burhan Nurgiyantoro. "Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN." KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 8.1 (2022): 160-180.

Khalikhmadee, Wiarm, Hermanto Hermanto, and Riswanda Himawan. "Analisis pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah Pattanakarn Ying Sueksa Thailand." Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA) 4.2 (2022): 180-190.

Laili, Ismi, Ganefri, and Usmeldi. "Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3.3 (2019): 306-315.

Muliastuti, Liliana, Aulia Nurnovika, and N. Lia Marliana. "Korean Language Phonological Interference to Indonesian Language and Implication in BIPA." KEBIPAAN 2019: Proceedings of the 2nd Konferensi BIPA Tahunan by Postgraduate Program of Javanese Literature and Language Education in Collaboration with Association of Indonesian Language and Literature Lecturers, KEBIPAAN, 9 November, 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia (2020): 26.

Muzaki, Helmi. "Pengembangan bahan ajar BIPA tingkat 3 berbasis budaya lokal Malang." Jurnal Ilmiah SEMANTIKA 2.02 (2021): 1-10.

Ningrum, Rifqia Kartika, Herman J. Waluyo, and Retno Winarni. "BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia." Proceedings Education and Language International Conference 1.1 (2017): 726-732.

Qomariyah, Nur Winda. "Pengembangan bahan ajar membaca BIPA untuk tingkat pemula dengan pendekatan kontekstual." Universitas Muhammadiyah Malang (2018).

Salirawati, Das. Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. (2018)

Sudaryanto. "BIPA di Mata Badan Bahasa: Pemutakhiran Peta Penyelenggara Program BIPA di Tiongkok pada Laman Badan Bahasa." BAHASTRA 32.1 (2014).

Sudaryanto, et al. "Literasi mahasiswa BIPA program Darmasiswa Universitas Ahmad Dahlan bermuatan bahasa dan budaya Indonesia." Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.2 (2018): 57-66.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Jh, Taufik Solihudin. "Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3.2 (2018): 51-61.

Suyata, Pujiati, and Hermanto Hermanto. "A Local Wisdom-Based Good Indonesia Book: Its Effectiveness in Teaching Indonesian as Foreign Language For The A-1 Level." Proceedings of the 2nd Konferensi BIPA Tahunan by Postgraduate Program of Javanese Literature and Language Education in Collaboration with Association of Indonesian Language and Literature Lecturers, KEBIPAAN, 9 November, 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia. 2020.

Suyitno, Imam. "Aspek budaya dalam pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa)." FKIP E-Proceeding (2017): 55-70.

Utami, Dyah Ayu, and Laili Etika Rahmawati. "Pengembangan Bahan ajar berbasis modul interaktif bagi pemelejar BIPA tingkat A1." KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 3.2 (2020): 277-294.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2308

Article Metrics

Abstract Views : 111 | PDF Views : 84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.